Polres Bima Gandeng Dinkes Gelar Tes Swab Gratis Pengguna Jalan dan Warga Rutan

Polres Bima Gandeng Dinas Kesehatan Laksanakan Tes Swab Kepada Pengguna Jalan Dan Warga Rutan (Istimewa)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Kapolres Bima Nusa Tenggara Barat (NTB) AKBP Gunawan Try Hatmoyo, S.IK.SH, memboyong Dinas Kesehatan Kabupaten Bima  dalam pelaksanaan tes swab atau swab antigen secara acak kepada masyarakat pengguna jalan. 

Kegiatan yang diselenggarakan di Markas Komando (MAKO) Polres Bima pada Senin (31/5/2021)  dimulai sekira Pukul 10.00 WITA.

Hadir Wakapolres Bima, Kompol Edi Susanto, S.Sos, Paur Humas, Iptu Adib Widyaka, Kepala Puskesmas Palibelo, dr. Titin sumarni, Paur Kes, Aiptu Muhammad Hilir, SH, beserta delapan orang karyawan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima.

Wakapolres Bima menyampaikan mengatakan, kegiatan tea Swab Antigen tersebut bermaksud untuk mengantisipasi dan mengurangi adanya penularan Covid-19 di Wilayah Bima NTB.

Lanjutnya, kegiatan tes Swab Antigen dalam rangka mensukseskan Program Kampung Sehat Tahap II yang digagas oleh Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K M.H sebagai dukungan kepada Pemerintah Daerah dalam upaya menurunkan kurva penyebaran Covid-19 di wilayah NTB khususnya Kabupaten Bima.

“Kita tetap tidak boleh lengah dalam memutuskan Mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Jadi perlu dilakukan deteksi dini Swab Antigen untuk meminimalisir penularan Covid-19 ini,” ujar Kompol Edi Susanto

Terkait teknik pelaksanaannya, Wakapolres menuturkan, personil Polres Bima melakukan pemilihan secara acak terhadap pengendara yang melintas di depan Mako Polres Bima untuk dilakukan Swab Antigen.

“Mulai pada Pukul 10.00 Wita anggota memilih masyarakat pengendara secara random, untuk dilakukan tes swab antigen,” imbuhnya

Kemudian pada Pukul 11.00 WITA, setelah dilakukan tes swab antigen dilanjutkan dengan kegiatan Rapid Tes Anti Body terhadap tahanan Polres Bima yang juga dipilih secara acak.

“Karena, untuk melawan Covid-19 yang belum ditemukan obatnya ini harus dimulai dari diri sendiri,” ungkap  Edi. 

Wakapolres Bima, menghimbau kepada masyarakat Bima, agar tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid 19 dengan menerapkan 5 M, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, Menghindari Kerumunan, serta Mengurangi Mobilitas.

Beberapa pengguna Jalan yang sudah mendapatkan pelayanan gratis tes swab oleh Polres Bima yang tidak mau di sebutkan namanya, mengapresisi Polres Bima yang sangat peduli terhadap masyarakat Bima dalam upaya pemutusan mata Rantai penyebaran Covid 19. 

“Kami ga Nyangka Kalau ternyata Bapak-Bapak Polisi menahan Kami di depan Kantor Polres Bima untuk di Swab, awalnya kami kira Razia”, kata warga

“Terimakasih banyak kepada bapak Kapolres Bima beserta jajarannya yang sudah membantu masyarakat Bima dalam pelayanan gratis tes Swab Antigen, semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang besar, Amien YRA,” ungkapnya.

Penulis : Obama Bima

Editor : Eddy Prasetyo