ITDC Kembangkan Kuta Lane, Landmark Baru di Kawasan The Mandalika

Kuta Lane, landmark baru The Mandalika. - Foto : ITDC
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengembangkan Landmark Baru di Kawasan The Mandalika bernama Kuta Lane.

Melalui keterangan ITDC pada Jumat, 30 Juni 2023 dijelaskan bahwa Kuta Lane menjadi objek inovatif, sebuah koridor pedestrian yang menghubungkan Bazaar Mandalika dengan Kuta Beach Park (KBP).

Kuta Lane juga dirancang dengan tujuan untuk memfasilitasi dan meningkatkan alur aktivitas para pengunjung dari KBP ke area Bazaar Mandalika maupun sebaliknya.

Sementara Bazaar Mandalika, merupakan pusat perbelanjaan yang menyediakan tempat bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal, dengan 303 lapak yang tersedia para pengunjung dapat menemukan berbagai produk mulai dari oleh-oleh, kerajinan tangan, pakaian, dan kuliner khas Lombok.

Bazaar Mandalika berdekatan dengan Masjid Nurul Bilad dan Sentral Parkir yang memiliki kapasitas menampung 900 kendaraan, menjadi lokasi strategis dengan fasilitas kawasan yang terkoneksi.

Di sisi lain, Kuta Beach Park (KBP) adalah area pantai dengan panjang mencapai 1,4 km, memiliki pemandangan laut yang memukau dan dilengkapi dengan fasilitas Balai Penyelamatan dan Pariwisata (Balawista).

KBP juga dilengkapi dengan Warning Receiver System New Generation (WRS NewGen) yaitu alat komunikasi penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami dari BMKG.

Selain itu, terdapat juga arena permainan anak, dan beach facility yang tersedia bagi para pengunjung atau wisatawan, beach facility menyediakan fasilitas shower, toilet, locker dan anjungan pandang.

General Manager ITDC The Mandalika Molin Duwanno mengatakan Kuta Lane menawarkan akses yang menghubungkan Bazaar Mandalika dan KBP, sangat nyaman dan fungsional bagi para pengunjung untuk menikmati berbagai fasilitas yang tersedia.

“Di area Kuta Lane, terdapat artwork space, taman bermain anak-anak yang ramah keluarga, spot-spot foto ikonik yang memukau, dan panggung yang siap menjadi tempat pertunjukan seni yang menarik,” tambahnya.

Pembangunan Kuta Lane telah dimulai sejak 21 Januari 2023 dan berhasil diselesaikan pada 8 Mei 2023. Kuta Lane juga menjadi pusat kegiatan budaya dan seni yang akan menjadi tuan rumah bagi pertunjukan musik, tari dan teater yang menarik.

Wisatawan dapat menikmati keindahan seni dan budaya yang disajikan secara langsung melalui berbagai acara yang diselenggarakan di Kuta Lane.

“Dengan hadirnya Kuta Lane sebagai landmark yang ikonik di The Mandalika, kami berharap minat wisatawan akan semakin meningkat. Selain itu, pembangunan Kuta Lane juga bertujuan untuk memaksimalkan potensi fasilitas Bazaar Mandalika yang sudah ada sebelumnya, serta memberikan pengalaman unik dan berkesan bagi para pengunjung.”. tutup Molin.

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO