Fatimah Agus Bastian Pimpin Evaluasi 6 Desa di Purworejo Terkait Program Pokok PKK

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian bersama pengurus PKK Kabupaten melakukan evaluasi kegiatan mencakup 10 Program Pokok PKK - Foto Pemkab Purworejo
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian bersama pengurus PKK Kabupaten melakukan evaluasi kegiatan mencakup 10 Program Pokok PKK kepada enam desa di enam kecamatan untuk menentukan terbaik yang akan mewakili Kabupaten Purworejo maju eavualsi di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Enam Desa yang masuk nominasi dan diagendakan akan dievaluasi hingga 6 Oktober mendatang yakni Desa Jogoboyo Kecamatan Purwodadi, Desa Patutrejo Kecamatan Grabag, Desa Karangrejo Kecamatan Loano, Desa Ketosari Kecamatan Bener, Desa Lugu Kecamatan Butuh, dan Desa Karanggedang Kecamatan Bruno.

Dalam evaluasi yang dilaksanakan di Desa Patutrejo Kecamatan Grabag, pada Kamis (30/9/2021), TP PKK Kabupaten menilai kesiapan administrasi, produk unggulan, rumah sehat dan UMKM disesuaikan dengan potensi masing-masing wilayah.

Fatimah Agus Bastian, didampingi Camat Grabag  Yudi Agung Prihatno, Kades Patutrejo Zaelani, Ketua TP PKK Kecamatan Grabag Veni Yuda Apriani, Ketua TP PKK Desa Patutrejo Sri Awalni melkukan kunjungan langsung ke sentra teraphi garam dipusatkan di tambak garam pantai Jetis.

Teraphi yang banyak manfaatnya untuk Kesehatan itu menjadi unggulan TP PKK desa yang bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Patutrejo. 

Dalam sambutanya Fatimah Agus Bastian mengatakan, PKK memiliki 10 program yang langsung menyentuh masyarakat hingga dasa wisma. PKK desa dapat berjalan optimal tentu harus bersinergi dengan pemerintah desa.

Seperti PKK di Desa Patutrejo dalam melaksanakan kegiatan bersinergi karena PKK sebagai mitra pemerintah.

“Saya berharap PKK desa dapat bekerjasama dengan pemerintah desa, termasuk PKK supaya berperan aktif dalam Musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbagdes). Apalagi PKK memiliki 10 program pokok dalam mendukung pemerintah yang orientasinya meningkatkan sumber daya manusia dan kesejahteraan keluarga,”  tandas Fatimah. 

Sementara itu Ketua PKK Kecamatan Grabag Veni Yuda Apriani mengatakan, kegiatan PKK sudah menjadi kegiatan yang memasyarakat. Sehingga pentingnya untuk dilestarikan terutama dalam pelaksanaan kehidupan sehari-hari. Dari mulai hidup sehat, sosial, ekonomi, budaya, dan lainnya. 

“Tentunya pelaksanaan PKK tidak hanya Desa Patutrejo, namun semua desa di wilayah Kecamatan Grabag diharapkan menjadi pelaksana PKK yang baik dari mulai PKK desa RW RT hingga dasa wisma. Kegiatan PKK supaya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat ,” ujarnya.    

Sedangkan Sri Awalni menjelaskan, pelaksanaan kegiatan PKK Desa Patutrejo dilaksanakan secara rutin. Termasuk dalam pembukuan administrasi.

“Alhamdulilah masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi, sehingga PKK dapat berjalan dengan baik. Rencananya kedepan PKK akan membangun rumah batik yang akan digunakan untuk memproduksi batik dan showroom batik,” tuturnya.

PEMKAB PURWOREJO | EDITOR : Eddy Prasetyo