Prambanan Jazz Festival 2023 Tampil Selama 6 Hari

Prambanan Jazz 2022. (Foto- TripZilla Indonesia)
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Prambanan Jazz Festival atau PJF #9 akan digelar selama 6 hari, mulai dari 7-8-9 Juli 2023 dan berlanjut kemudian pada 14-15 dan 16 Juli 2023 bertempat di Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Melansir KRJOGJA pada Minggu, 2 Juli 2023, PJF #19 bakal dimeriahkan Dewa 19 (pentas 2 kali), Ahmad Dhani Electrical Band, Padi Reborn, Pamungkas, Shaggydog, Nadin Amizah kemudian ada juga Bond, Gysy King, Vertical Horizon, Lucas Graham, Conor Maynard, dengan total sebanyak 60 musisi nasional serta 9 musisi internasional.

PJF #9 yang bertajuk ‘Culture for the Future’ dengan konsep ‘The Magical Experience”, berangkat dari satu pemahaman penting, bahwa budaya adalah hal penting untuk masa depan.

Di masa semua yang serba digital, bahkan karya seni bisa digarap oleh artificial intelligence (AI), kebudayaan bisa membuat kita tetap menapak bumi dan berpegang erat pada akar kita sebagai manusia.

Sedangkan konsep The Magical Experience dimaksudkan sebagai pengalaman budaya musik imajinatif, yang akan dirasakan secara langsung dan menginspirasi semua orang yang ada di dalamnya. Baik itu penonton, musisi yang terlibat, maupun pihak penyelenggara.

Melalui diksi magical, ajaib, Prambanan Jazz Festival menjamin akan memberikan pengalaman menonton festival yang magis dan menakjubkan.

Saat jumpa pers pada Rabu, 21 Desember 2022 lalu, Founder Prambanan Jazz Festival Anas Syahrul Alimi mengatakan, PJF 2023 memang berbeda terutama dalam hal durasi penyelenggaraan. Prambanan Jazz Festival 2023 akan mulai mencoba mendobrak konvensi umum, bahwa festival musik di Indonesia kiwari diadakan hanya tiga hari.

“Selain pengalaman baru yang akan dirasakan oleh semua orang yang ada di dalamnya, PJF 2023 kami sajikan lebih lama jika dibandingkan dengan biasanya, yaitu sampai enam hari. Dengan penambahan durasi penyelenggaraan ini tentunya akan lebih banyak lagi hal yang akan kami suguhkan,” ungkap Anas.

“Dari sisi penampil sendiri, akan lebih banyak musisi yang kami hadirkan. Kami siap memboyong sembilan musisi internasional, dan 60 musisi nasional,” tambahnya.

Anas juga menuturkan pihaknya telah siap menghadirkan musisi asal Perancis yang telah meraih dua kali Grammy Award untuk Album Musik Dunia Terbaik dan juga BRIT Award Band Internasional Terbaik, yaitu Gipsy Kings by Andre Reyes.

Tak sampai di situ saja, Lucky Chop, musisi asal New York Amerika Serikat pun dipastikan Anas akan menjadi musisi internasional yang akan menghelat menampilan megah dan enerjiknya di depan Candi Prambanan.

“Tak hanya Gipsy Kings dan Lucky Chop, ada beberapa nama musisi internasional lainnya yang siap kami hadirkan. Di antaranya ada musisi broadway dan swing jazz dengan 3,9 M pengikut Youtube, yaitu Scott Bradlee yang akan tampil bersama Postmodern Jukebox. Masih akan ada musisi internasional lain yang akan dihadirkan, yaitu Bond. Bond merupakan kuarter gesek perempuan pertama yang memecahkan rekor penjualan album tertinggi di dunia sepanjang masa yaitu 4 juta kopi sejak awal debutnya di dunia musik. Tak sampai situ saja, Tunde Baiyewu, vokalis dari Lighthouse Family pun akan mewarnai panggung Prambanan Jazz Festival,” papar Anas.

Sedangkan untuk musisi nasional, akan ada dua penampil utama yang tampil selama tiga hari berturut-turut dalam setiap pekan, yaitu Kahitna dan satu nama lagi yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

Selain mereka, ada beberapa musisi lain yang akan tampil dua kali di setiap pekannya, yaitu Maliq & D’Essential dan Dewa 19, serta beberapa musisi lainnya.

“Mereka akan menampilkan konsep yang berbeda setiap harinya. Jadi sangat sayang untuk dilewatkan,” ujar Anas. 

KRJOGJA