Harmoko Akan Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Menteri Penerangan era Soharto, Harmoko. (AFP PHOTO : AGUS LOLONG
Waktu Baca : < 1 minute

TANHANANEWS.COM, JAKARTA — Menteri Penerangan era Presiden Soeharto, Harmoko, akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Pemakaman akan digelar hari ini, Senin (5/7/2021).

Kabar itu disampaikan oleh Ketua DPP Golkar Dave Laksono. Dia menyebut pemakaman Harmoko digelar siang hari.

“Siang nanti jam 11.00 WIB di TMP Kalibata,” kata Dave lewat pesan singkat, Senin (5/7/2021).

Dave mengaku tidak tahu siapa saja elite pemerintahan dan petinggi Partai Golkar yang akan hadir. Namun, ia memastikan Harmoko dimakamkan dengan diiringi upacara.

Anggota Komisi I DPR RI itu juga memastikan pemakaman digelar tanpa menimbulkan kerumunan. Hal itu dilakukan mengingat penerapan PPKM Darurat di Jawa dan Bali.

“Upacara dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ucapnya.

Sebelumnya, Harmoko meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (4/7/2021) malam. Kepala RSPAD Letjen TNI Albertus Budi Sulistya Harmoko meninggal dunia sesaat setelah masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Harmoko adalah mantan jurnalis yang kemudian berkecimpung di dunia politik. Saat Orde Baru, Harmoko menjabat sebagai menteri penerangan selama tiga periode Presiden Soeharto.

Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan sebagai Ketua DPR/MPR RI pada 1998.

Harmoko dikenal dekat dengan Soeharto. Ia adalah orang yang membisiki Soeharto agar kembali maju pada 1997. Namun, setahun kemudian, Harmoko pula yang mendesak Soeharto mundur dari jabatan presiden.

Sumber : CNNIndonesia