Kasus Covid-19 Meningkat di Malaysia, Kuala Lumpur Perpanjang MCO

Ilustrasi Kuala Lumpur Malaysia - Istimewa
Waktu Baca : < 1 minute

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Peningkatan kasus corona (Covid-19) lokal di Malaysia. Tercatat sejak 1 hingga 27 April, 17 kluster baru muncul di Kuala Lumpur diiringi dengan kasus harian yang terus bertambah, menempatkan wilayah federal Kuala Lumpur dalam masa perpanjangan ‘movement control order’ (MCO) atau di bawah kontrol pergerakan, berlaku dari 7 hingga 20 Mei 2021.

Mengutip dari CNBCIndonesia, Menteri Senior Keamanan merangkap Menteri Pertahanan Malaysia Datok Seri Ismail Sabri Yaakob mengatakan berdasarkan tinjauan dan usulan Kementrian Kesehatan telah menyetujui seluruh wilayah Kuala Lumpur di bawah MCO.

“Setelah meninjau situasi dan mengikuti usulan Kementerian Kesehatan, pemerintah telah menyetujui untuk menempatkan seluruh Kuala Lumpur di bawah MCO mulai 7 hingga 20 Mei,” kata Datok Seri Ismail Sabri Yaakob dilaporkan Strait Times, Rabu (5/5/2021).

Aturan MCO kali ini akan sama dengan yang sebelumnya. Semua perjalanan antar negara akan dilarang, kecuali mendesak dan terkait pekerjaan.

Tiga distrik di negara bagian Johor juga akan diberlakukan hal serupa di tanggal yang sama. Meliputi Johor Baru, Kulai dan Kota Tinggi.

“Depkes melaporkan bahwa jumlah kasus aktif tinggi dengan banyak kasus sporadis di masyarakat,” tambahnya.

“Selain itu, ketiga distrik di negara bagian ini merupakan zona merah dengan kasus melebihi 150.”

Bukan hanya itu di negara bagian Trengganu, 14 kecamatan di Besut juga akan ditempatkan di bawah aturan penguncian ini. MCO juga berlaku di negara bagian Perak di wilayah Taping, Larut Matang dan Selama.

“Untuk wilayah di bawah MCO, acara sosial seperti pernikahan, reuni dan retret dilarang, … Makan di tempat makan juga tidak diperbolehkan,” katanya lagi.

Malaysia pada Rabu mencatat 3.744 kasus baru dalam 24 jam terakhir sehingga total menjadi 424.376. Ada 17 kematian lagi sehingga total kematian menjadi 1.591.

Sebelumnya, lockdown ini juga dilakukan Selangor, yang mengelilingi Kuala Lumpur. Ada enam wilayah di negara bagian itu yang dikunci melalui MCO yakni Petaling, Hulu Langat, Gombak, Klang, Kuala Langat, dan Sepang.

(Redaksi)