Lebih Dari 2,7 Juta Orang Gunakan MRT Jakarta pada Juni 2023

MRT JAKARTA - Istimewa
Waktu Baca : < 1 minute

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — PT MRT Jakarta (Perseroda) mencatat, pada periode Juni 2023 jumlah pengguna layanan MRT Jakarta mencapai 2.720.562 orang. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa rata-rata per hari sekitar 90.685 orang menggunakan MRT Jakarta dengan total jumlah perjalanan kereta sebanyak 7.692 perjalanan serta ketepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti ratangga pun mencapai 99,9 persen.

Dikutip dari keterangannya, jumlah angka keterangkutan tersebut menunjukkan adanya kenaikan jumlah total penumpang dari bulan sebelumnya, yaitu 2.686.281 orang. Hal yang menunjukkan kepercayaan tinggi masyarakat terhadap layanan MRT Jakarta.

Pihaknya juga mengungkapkan, untuk menaikkan angka keterangkutan, Perseroda bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata.

Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) juga mendorong peningkatan angka keterangkutan seperti PPD, Tebengan, gojek, grab, transjakarta, bluebird, dan Swoop.

Kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing).

Secara angka, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 23 persen angka keterangkutan dari total ridership MRT Jakarta.

Terhitung sejak Mei 2023, waktu operasional ratangga dan stasiun saat akhir pekan yang biasanya mulai pukul 6 dan berakhir pada pukul 24.00 WIB, menjadi pukul 5 hingga 24.00 WIB sebagai bentuk dukungan terhadap aktivitas masyarakat pada akhir pekan di sepanjang jalur MRT Jakarta.

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO