Presiden Jokowi Salurkan Kurban di Dua Lokasi Jakarta

180
Pemilik sapi jenis simental memeluk sapi di kandangnya usai dibeli Presiden Jokowi untuk dikurbankan di Kelurahan Arombu, Kecamatan Unaaha, Konawe, Sulawesi Tenggara, Sabtu (2:7:2022). (ANTARA FOTO:Jojon:aww)
Waktu Baca : < 1 minute

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan sapi kurban di dua lokasi di Jakarta, yaitu di Masjid Istiqlal dan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre).

“Di Jakarta ada dua tempat, di Masjid Istiqlal dan Islamic Center Jakarta Utara. Tempat itu dipilih (oleh pemerintah) provinsi setempat,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Jakarta, Jumat (8/7/2022).

Pada Hari Raya Idul Adha, yang ditetapkan Pemerintah pada Minggu, 10 Juli 2022 Presiden juga akan memberikan langsung sapi kurban yang sudah disiapkan.

Lihat Juga  Presiden Jokowi: ACT-A Bagian Penting Arsitektur Kesehatan Dunia

“Ya mungkin nanti Bapak Presiden pasti di hari H-nya akan memberikan di tempat atas arahan beliau. Di Istiqlal juga setiap tahun Pak Presiden selalu memberikan, selain masjid yang ditunjuk gubernur,” tambahnya.

Namun, tambahnya, Presiden Jokowi belum memutuskan lokasi dimana dia akan menunaikan salat Idul Adha. Heru menyebutkan sapi-sapi yang diberikan Presiden Jokowi ke 34 provinsi berasal dari peternakan lokal yang ditunjuk oleh gubernur.

“Misalkan di Aceh, Pak (Pj.) Gubernur (Achmad Marzuki bilang), ‘Kami cocok beli sapi sesuai kriteria yang ditetapkan di mana? Oh di sini, oh ya kami beli’. Setelah itu, turun ke Dinas Peternakan setempat dan didampingi konsultasi dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Agama,” jelasnya.

Lihat Juga  Presiden Jokowi dan Ibu Negara Kunjungi Tempat Terbaik Menikmati Senja di Labuan Bajo

Sapi-sapi kurban bantuan Presiden Jokowi itu juga diawasi oleh Dinas Pertanian setempat supaya sehat, gemuk, dan tidak tertular penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Istilahnya sudah dipingit dan ada juga yang sudah mendekati lokasi (ibu kota provinsi),” ujarnya.

Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha pada Minggu, sedangkan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada Sabtu (9/7) berdasarkan hasil perhitungan wujudul hilal yang dilakukan Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.

Lihat Juga  Presiden Blusukan Bagikan Sembako dan Paket Obat ke Masyarakat

Perbedaan itu terjadi karena dari 86 titik di seluruh provinsi Indonesia, para pemantau tidak melihat hilal. Sehingga, menurut Pemerintah, dengan ditetapkannya 1 Zulhijah pada 1 Juli 2022, maka Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu (10/7/2022).

ANTARA