Kebun Binatang Korea Selatan Sambut Bayi Kembar Panda Raksasa

Panda Raksasa Ai Bao menggendong bayi pandanya dengan mulut setelah melahirkan bayi kembarnya di taman hiburan Everland di Yongin, Korea Selatan, 11 Juli 2023. Samsung C&T:Yonhap via REUTERS
Waktu Baca : < 1 minute

SEOUL, TANHANANEWS.COM — Sebuah kebun binatang Korea Selatan mengatakan pada Selasa, 11 Juli 2023 bahwa pihaknya baru-baru ini menyambut bayi kembar panda raksasa pertama yang lahir di negara tersebut.

Si kembar, keduanya perempuan, lahir di taman hiburan Everland dekat ibu kota Seoul pada hari Jumat, kebun binatang mengumumkan dalam sebuah video di saluran YouTube-nya.

“Ini terasa seperti kesempatan besar untuk menyerukan perlindungan dan pelestarian panda yang lebih baik, yang telah menjadi simbol spesies yang terancam punah,” kata Donghee Chung, kepala kebun binatang tersebut, dilansir dari REUTERS, Selasa, 11 Juli 2023.

Kembar pertama memiliki berat 180 gram (6,35 oz) dan kembaran kedua, yang tiba hampir dua jam kemudian, memiliki berat 140 gram.

Antara 40% hingga 50% kelahiran panda menghasilkan anak kembar, kata Chung.

China telah mengirim duta besar kulit hitam dan putihnya ke luar negeri sebagai tanda niat baik sejak 1950-an sebagai bagian dari apa yang dikenal sebagai ‘diplomasi panda’.

Kelahiran si kembar terjadi hampir tiga tahun setelah Fu Bao, panda pertama yang lahir di Korea Selatan, lahir dengan orang tua yang sama Ai Bao dan Le Bao.

“Dibandingkan saat Fu Bao lahir, kali ini ada dua dan saya pikir (orang tuanya) pasti dua kali lebih bahagia,” kata penjaga kebun binatang Cherwon Kang.

Persalinan ibu Ai Bao lebih lancar daripada selama kehamilan pertamanya, kata Kang, menambahkan bahwa dia merasa tersentuh dengan cara dia menangani persalinan dan menunjukkan cinta keibuan.

Fu Bao akan dikembalikan ke China paling lambat Juli tahun depan, kata kebun binatang itu.

REUTERS