Komisi V DPR RI Dukung Pembangunan Infrastruktur di Makassar

Komisi V DPR RI Dukung Pembangunan Infrastruktur di Makassar - Foto : PUPR
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) pada masa reses ke Kota Makassar pada pada hari Senin (11/10/2021) yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras. Kunker dilakukan dalam rangka meninjau perbaikan drainse pada beberapa daerah rawan genangan air di bawah Flyover A.P Pettarani, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

“Dalam kunjungan kerja masa reses kali ini, Komisi V DPR RI akan meninjau beberapa proyek pembangunan infrastruktur di Kota Makassar dan sekitarnya yang tentunya akan sangat membantu warga Makassar dan sekitarnya” ujar Andi.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Selatan, Muhammad Insal U. Maha yang turut mendampingi rombongan Komisi V menjelaskan bahwa elevasi genangan bertambah tinggi akibat median jalan di Jalan A.P Pettarani dan sistem drainase di sisi kiri dan kanan Jalan A.P Pettarani pada segmen dari Jalan Pendidikan ke Jalan Sultan Alaudin tidak berfungsi dengan baik dan memiliki kapasitas yang tidak memadai. 

Untuk mengatasi masalah ini, Muhammad Insal U. Maha menjelaskan bahwa saluran eksisting akan di tingkatkan kapasitasnya agar dapat menampung jumlah air yang lebih banyak, dan akan mengusulkan sistem drainase terbuka agar dapat dimonitor dengan lebih mudah. “Kami akan mengusulkan untuk meningkatkan kapasitas drainase dan membuat drainase model terbuka agar lebih mudah dimonitor”.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI dalam paparannya menyebutkan bahwa Kementerian Perhubungan bersama-sama dengan Kementerian PUPR, khususnya Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Selatan hendaknya saling kolaborasi untuk mencari solusi dari banyaknya kendaraan yang termasuk dalam klasifikasi ODOL (Over Dimension and Overload) agar jalan yang sudah di bangun tidak cepat rusak.

“Saya berharap baik dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR, khususnya Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Selatan, dapat bekerja sama mengatasi masalah kendaraan yang termasuk dalam klasifikasi ODOL agar infrastruktur yang sudah dibangun tidak cepat rusak.” ujar Andi.

Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI kali ini turut dihadiri oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Selatan Dr. Ir. H Ahmad Asiri, M.Si; Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang Adenan Rasyid, S.T., M.T; Kepala Subdirektorat Perencanaan Teknis Irigasi dan Rawa Rahmat Suria Lubis, S.T., M.T; Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi III Sugiharjo, M.P.P.M dan Kepala Subdirektorat Wilayah III, Direktorat Rumah Susun Ir. Johnny Rakhmad, Dipl.E.Eng. 

PUPR