Alibaba Tandatangani Kontrak Kolektif dengan Karyawan Terkait Upah dan Keselamatan Kerja

Tanda Alibaba Group terlihat di World Artificial Intelligence Conference (WAIC) di Shanghai, China 6 Juli 2023. REUTERS:Aly Song:File Foto
Waktu Baca : < 1 minute

BEIJING, TANHANANEWS.COM — Ele.me Alibaba menjadi platform pengiriman pertama di China yang menandatangani kontrak kolektif tentang upah dan keselamatan tenaga kerja dengan stafnya, lapor media resmi, Kamis, 13 Juli 2023, saat Beijing mengisyaratkan diakhirinya tindakan tegasnya terhadap sektor teknologi.

Kontrak tersebut akan berlaku untuk 3 juta pekerja di 11.000 stasiun pengiriman di China, menurut media yang didukung pemerintah Workers’ Daily.

Alibaba belum menanggapi permintaan Reuters untuk mengomentari kontrak tersebut.

Langkah Ele.me terjadi setelah sebelumnya, Rabu, 12 Juli 2023, Perdana Menteri China Li Qiang mengirim sinyal kuat bahwa tindakan tegasnya selama bertahun-tahun pada industri teknologinya telah berakhir, di mana platform pengiriman seperti Ele.me dan Meituan dikritik karena melanggar hak-hak pekerja.

Kontrak “sepenuhnya membahas” masalah terbesar pekerja seperti upah tenaga kerja, perlindungan dan tunjangan asuransi, kata laporan itu.

Ele.me dan penyedia layanan juga diminta untuk meningkatkan saluran komunikasi dengan kurir pengiriman makanan, tambah laporan itu.

SUMBER: REUTERS | EDITOR: EDDY PRASETYO