Apa yang Akan Dibahas Dalam Pertemuan Virtual Anwar-Elon Musk?

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim (Foto- AP Photo:Vincent Thian, File via Detik.com)
Waktu Baca : < 1 minute

KUALA LUMPUR, TANHANANEWS.COM — Harapan tinggi, dan semua mata tertuju pada hasil pertemuan virtual Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim dengan pendiri dan kepala eksekutif Tesla Inc Elon Musk.

Anwar, yang juga Menteri Keuangan Malaysia, kemarin membenarkan bahwa pertemuan virtual antara dirinya dengan orang di belakang raksasa mobil listrik itu berlangsung hari ini (Jumat, 14 Juli 2023), Melansir dari New Straits Time Malaysia, Jumat, 14 Juli 2023.

Dia sebelumnya mengatakan akan duduk bersama Musk untuk mencari cara bagi perusahaan kendaraan electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik untuk memperluas investasinya di Malaysia.

Menteri Investasi, Perdagangan, dan Industri Tengku Datuk Seri Zafrul Aziz dikutip mengatakan bahwa potensi kolaborasi antara Malaysia dan Tesla tidak hanya terbatas pada sektor EV tetapi juga sektor lainnya.

“Yang kami inginkan adalah potensi investasi yang lebih tinggi di sektor otomotif dan juga di sektor lainnya,” ujarnya.

Tesla akan memulai debutnya di Malaysia dengan pembukaan resmi berlangsung di Kuala Lumpur pada 20 Juli.

Ekonom Dr Yeah Kim Leng dari Sunway University dikutip dari Bernama mengatakan bahwa diskusi yang bermanfaat juga akan mengarah pada komitmen lebih lanjut yang dapat menguntungkan ekonomi Malaysia secara umum.

Terlepas dari sifat dan nilai investasi yang ingin dibawa Tesla ke Malaysia, Yeah mengatakan setiap komitmen yang akan datang yang muncul dari pertemuan tersebut akan memberikan dorongan besar bagi industri EV Malaysia.

“Investasi ikonik biasanya memiliki efek limpahan yang lebih besar melalui peningkatan, penguatan kepercayaan investor lokal dan asing serta kerumunan investasi,” kata Yeah.

SUMBER: NEW STRAITS TIME | EDITOR: EDDY PRASETYO