Porsche Vision 357 Speedster Berikan Penghargaan Untuk Ikon Klasik

Porsche Vision 357 Speedster Tribute Untuk Ikon Klasik - Foto : Carbuzz.com
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Untuk merayakan 30 tahun Goodwood Festival of Speed, Porsche meluncurkan mobil konsep baru bernuansa retro yang diberi nama Vision 357 Speedster. Berdasarkan 718 Cayman GT4 e-Performance dan terkait erat dengan konsep Porsche Vision 357, Vision 357 Speedster terinspirasi oleh 356 yang ikonik, dan Anda tidak akan pernah menduga bahwa ini memiliki nyali seperti 718.

Melansir dari CARBUZZ.COM, Kamis, 13 Juli 2023, konsep mempesona ini meminjam motor listrik dan baterainya dari Mission R, menggabungkannya dengan sasis kencang dari 718 GT4 Clubsport.

Pembuat mobil belum berbagi angka tenaga atau kinerja, tetapi kemungkinan Vision 357 Speedster mengemas pukulan 1.072 tenaga kuda yang sama dengan Mission R. Oleh karena itu, ia harus mencapai 62 mph dalam waktu sekitar 2,5 detik sebelum mengisi daya hingga penuh. Kecepatan tertinggi 186 mph.

Meskipun performa penting dalam sebuah Porsche, sorotan utama dari konsep cantik ini adalah gaya eksteriornya.

Seperti 356 Speedster asli, konsep 357 memiliki kaca depan yang lebih pendek yang, kata Porsche, memberikan “lebih banyak penekanan pada bodi monolitik mobil”.

Sisi penumpang kabin ditutupi dengan tonneau jadul, jenis yang pernah Anda temukan di mobil sport tujuh dekade lalu.

Bodi montok memakai skema cat dua warna yang terdiri dari Grivelo Grey Metallic dan Marble Grey, kombinasi yang terinspirasi oleh pesaing motorsport masa lalu. Ambil fender depan, misalnya, yang merefleksikan elemen pelindung yang digunakan untuk menangkis batu yang beterbangan di arena pacuan kuda.

Roda depan juga dilapisi Grivelo Grey, warna yang terangkat oleh cambukan Miami Blue pada mekanisme pelepasan di kap depan dan stiker “75”, mengacu pada merek dan 356 asli yang berusia 75 tahun ini. Kapnya juga bertuliskan “1948-2023”, jika perhitungan Anda sedikit berkarat.

Tepat di depan roda belakang terdapat motif unicorn yang dirancang dan dibuat khusus untuk 357 Speedster. As a nod to the future, drop-top ramping memiliki kamera, bukan kaca spion samping.

Namun, sesuai dengan cita rasa retro, ini ditempatkan di spatbor dan bukan di pintu.
Porsche meminjam elemen pencahayaan dari saudara kandung 357 coupe.

Sekali lagi, ini adalah tampilan modern dari desain kluster 356 yang ikonik, dengan empat stempel lampu terpisah yang menciptakan desain bulat yang mirip dengan Porsche asli. Ini cerita serupa di bagian belakang, di mana kita bisa melihat tampilan modern pada gril vertikal.

Sedangkan untuk rodanya berukuran 20 inci dan dibuat dari magnesium, membuatnya sangat ringan. Dop serat karbon dan kunci tengah mengingatkan kembali pada desain roda Porsche yang lebih tua, yaitu model 356 A dan 356 B yang dilengkapi dengan rem tromol.

Berkat sistem perlindungan roll-over serat karbon yang pintar, sandaran kepala 357 Speedster tampak melayang di udara, memberikan tampilan futuristik. Tepat di belakang ini, Anda akan menemukan jangkar untuk bagian atas speedster, bersama dengan pintu port pengisian daya.

Di dalam, Anda akan menemukan kabin berdesain minimalis dan indah yang telah “disesuaikan dengan pengemudi”. Bantalan berlapis Racetex dan sabuk pengaman enam titik (diselesaikan dengan warna Miami Blue) akan memberi Anda posisi mengemudi terbaik, yang berjalan serendah mungkin; kursi CFRP telah diintegrasikan ke dalam monocoque.

Dasbor memiliki anyaman karbon dan fitur kluster instrumen transparan. Untuk menghemat berat, tidak ada pegangan pintu dan tidak ada tanda kotak sarung tangan. Tali Miami Blue digunakan untuk keduanya; yang terakhir telah diganti dengan tali pengikat yang dapat mengamankan aksesori.

Jika Anda ingin melihat sekilas 357 Roadster, saat ini sedang dipajang di Goodwood Festival of Speed, bersama dengan beberapa model khusus Porsche lainnya.

SUMBER: CARBUZZ.COM