Ketum LVRI Sebut Indonesia Masih Hadapi Ancaman Perpecahan

Ketua Umum LVRI Mayjen TNI Purn Saiful Sulun (Foto Humas LVRI)
Waktu Baca : < 1 minute

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Veteran Republik Indonesia sebagai  perjuang dan pembela kemerdekaan prihatin terhadap kondisi bangsa dewasa ini. Di usia kemerdekaan yang telah mencapai 76 tahun masih saja suka ribut.

“Ideologi asing menjadi jualan yang tak kunjung habis dipaksakan untuk mempengaruhi bangsa. 

“Komunis dibangkitkan lagi dengan mencoba diputihkan tidak sebagai pelaku namun korban G30S/PKI. Sementara ideologi agama juga tak kalah memaksakan diri ingin mendirikan negara khilafah. Akibatnya saling adu kuat yang memunculkan perpecahan dan mengikis rasa persatuan,” ungkap Ketua Umum DPP Legiun Veteran RI (LVRI) Mayjen TNI Purn Saiful Sulun dalam video conference dengan wartawan, Senin (16/8/2021).

Saiful menilai pemaksaan ideologi sebagai dasar pendirian negara menurut faham-faham luar ini jika dibiarkan ke depan bisa mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Kita tidak ingin bangsa ini terpecah-belah oleh kepentingan yang menyimpang dari paham ideologi Pancasila. Mari bersatu padu membangun negeri agar tidak semakin tertinggal dari negara maju lain.

“Karena itu hentikan pemaksakan ideologi luar. Padahal ideologi kita sudah final, adalah Pancasila. Selain itu tidak ada yang bisa menggantikannya,” tegas Saiful.

Jenderal Purnawirawan Bintang 2 ini mengajak agar seluruh komponen bangsa sadar akan arti persatuan. “Tanpa persatuan, bangsa ini akan hancur. Bangsa ini bisa tegak berdiri dari kehancuran akibat penjajahan juga karena persatuan. Kala itu kita bersatu padu berjuang memerdekakan negeri ini dengan semangat juang tinggi serta rela berkorban. Jangan kecewakan para pendahulu yang telah berkorban jiwa raga dengan sikap-sikap yang bisa memghancurkan bangsa dan negeri ini. Belajar lah saling menghargai dan memghormati,” tegasnya. 

LVRI berharap, 76 tahun Indonesia Merdeka harus disemangati dengan kebangkitan kesadaran sikap memjalin persatuan dan kesatuan, sehingga tidak ada lagi wilayah di Indonesia ingin merdeka, memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia“ Jaga keutuhan Indonesia hanya dengan Pancasila. Karena Pancasila lah ideologi sebaik-baiknya bangsa Indonesia,” tegas Saiful Sulun

Sumber : Humas DPP LVRI