Kemenko Marves Gelar Pelatihan Satuan Pengamanan

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bekerjasama dengan Polda Metro Jaya menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan kualifikasi Gada Madya Tahun 2023, bertempat di di Kantor Marves, Jakarta, pada Jumat, 16 Juni 2023 lalu.- Foto : Kemenko Marves
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bekerjasama dengan Polda Metro Jaya menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan kualifikasi Gada Madya Tahun 2023 bagi satuan pengamanan (Satpam), bertempat di di Kantor Marves, Jakarta, pada Jumat, 16 Juni 2023 lalu.

Melalui keterangannya, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Sesmenko Marves), Ayodhia G. L. Kalake menyampaikan, kegiatan yang diikuti oleh seluruh Satpam lingkup Kemenko Marves bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dibidang keamanan, terkait kemampuan fisik dan mental seluruh satuan pengamanan lingkup Kemenko Marves.

“Saya harapkan agar para peserta nantinya dapat memiliki sikap mental kepribadian yang baik, kesehatan fisik, dan memiliki pengetahuan, keterampilan serta kompetensi sesuai yang diharapkan. Kunci keberhasilan dari sebuah pelatihan adalah kemauan dan tekad yang kuat untuk merubah, belajar hal yang baru sebagai bekal dalam menjalankan tugas kewajiban,” kata Ayodhia dalam sambutannya.

Menutup sambutannya, Sesmenko Ayodhia juga menyampaikan harapan kepada para peserta  agar dapat menjalankan pelatihan dengan sungguh-sungguh dan displin.

Sebanyak 34 anggota satuan pengamanan Kemenko Marves mendapatkan pembinaan mental, fisik, dan intelegensia agar menjadi tenaga keamanan profesional yang lebih baik. 

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat (Wadir Binmas) Polda Metro Jaya, AKBP Yudhistira Midyahwan menyampaikan seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang pesat dan memberi kesempatan para investor baik dari dalam maupun luar negeri untuk berinvestasi di Indonesia, salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mewujudkan keinginan tersebut adalah memberi jaminan keamanan dan kenyamanan para pelaku usaha dan industri untuk berinvestasi di Indonesia.

“Terkait hal tersebut jelas bahwa keamanan dan kesejahteraan memiliki hubungan yang erat yang tidak dapat dipisahkan sehingga terjamin kesejahteraan yang akan mendukung penyelenggaraan keamanan nasional,” ujarnya.

Menghadapi tantangan tersebut, Kepolisian Negara Republik Indonesia sesuai tugas pokoknya dalam memelihara keamanan, ketertiban masyarakat, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta menegakkan hukum. 

“Salah satunya adalah menyelenggarakan kegiatan pengaman pada berbagai bidang usaha dan industri, perlu eksistensi pengamanan swakarsa, khususnya satuan pengamanan untuk mendukung tugas -tugas polri dalam memilihara kamtibmas yang mempunyai kewenangan terbatas,” ujar AKBP Yudhistira.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan pelatihan Gada Madya ini dapat menghasilkan anggota satpam yang memiliki sikap mental, kepribadian, kesehatan fisik, dan memiliki pengetahuan, serta keterampilan manajerial dasar dengan kualifikasi supervisor,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ia berpesan agar seluruh peserta pelatihan  melaksanakan pelatihan ini dengan niat, tulus Ikhlas, dan motivasi yang tinggi guna meningkatkan kualitas diri individu anggota satpam dalam rangka meningkatkan profesionalisme. K

edua, taatilah semua peraturan yang ada dan tunjukkan sikap disiplin patuh terhadap arahan dan perintah istruktur atau pelatihan. Ketiga, menjalin kerjasama antara sesama peserta dan tunjukkan rasa hormat terhadap instruktur. 

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kemenko Marves dan PT Bima Global Security yang telah menyelenggarakan pelatihan ini. Semoga para peserta dapat  berperan aktif dalam meningkatkan kemampuan teknis kepolisian bagi anggota satuan pengamanan,” ungkap AKBP Yudhistira.

SUMBER: KEMENKO MARVES | EDITOR: EDDY PRASETYO