5 Cara Memasak Daging Kambing Agar Terbebas Bau ‘Prengus’

Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Daging kambing memiliki bau khas biasa disebut bau prengus, bau yang kadang membuat selera makan sebagian orang menjadi berkurang.

Gulai atau Sate kambing yang tampilannya menggoda, menjadi kehilangan pesonanya karena bau prengus.

Mengutip dari CNNIndonesia, beberapa ahli olahan daging kambing berpendapat bau prengus akan semakin merebak jika salah mengolah daging kambing.

Menurut pemilik Warung Sate dan Sop Betawi Bu Eti, Lediana, daging makin prengus jika proses pemotongan kurang tepat.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencoba beberapa cara memasak daging kambing agar terbebas bau prengus.

1. Menggunakan Rempah-rempah

Bau prengus akan hilang jika daging kambing direbus bersama rempah-rempah. Lediana menyarankan untuk merebus bersama jahe, pala dan kayu manis yang bisa meredam bau prengus

Sementara itu, chef Winnie Kusumawardhani menyebut bau prengus juga dapat hilang dengan ketumbar. Caranya, marinasi atau baluri daging kambing dengan tumbukan ketumbar, lalu diamkan selama sekitar 30 menit. Aroma prengus pun akan hilang dan rasa daging lebih nikmat.

Selain itu, bau prengus bisa dihilangkan dengan penggunaan kunyit. Anda bisa menggunakan kunyit. Penggunaan kunyit akan membuat warna kambing menjadi kuning sehingga lebih cocok digunakan saat ingin memasak gulai kambing.

2. Menghilangkan Bagian Lemak

Bau juga muncul dari kandungan lemak pada daging kambing. Menghilangkan bagian lemak dapat membuat bau prengus memudar. Anda juga membuat daging jadi lebih sehat disantap.

3. Tidak Dicuci

Setelah dihilangkan bagian lemak, daging bisa langsung direbus bersama rempah. Hindari mencuci daging kambing karena justru bakal mempertajam bau prengus.

Anda cukup melakukan proses ‘cuci hama’ dengan merebus lalu air rebusan dibuang dan dilanjutkan dengan proses memasak seperti biasa.

4. Baluri Perasan Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga ampuh membasmi bau prengus. Siapkan daging lalu baluri dengan perasan jeruk nipis. Biarkan selama sekitar 30 menit lalu bilas dan olah sesuai selera.

5. Antiprengus Dengan Garam

Garam bisa menyelamatkan daging dari bau prengus. Cukup siapkan garam kasar atau garam yang butirannya besar-besar. Balurkan pada daging dan diamkan selama satu jam.

Garam akan mengurangi bau sekaligus memberikan rasa pada daging. Sebelum proses pengolahan, bersihkan sisa garam dan sesuaikan takaran bumbu dalam olahan.

Itulah cara memasak daging kambing agar tidak bau prengus yang bisa Anda coba di rumah. Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk mengolah daging kurban saat hari raya Idul Adha.

Sumber : CNNIndonesia