Profil Fadillah Aditama, Pembalap Asal Purworejo Juara JuniorGP Barcelona 2023

Fadillah Aditama juara di JuniorGP Barcelona 2023. (Foto- Instagram:@f.arbi93)
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS — Pembalap muda asal Purworejo, Jawa Tengah Fadillah Arbi Aditama berhasil menjuarai race 2 JuniorGP Barcelona yang digelar di sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu 16 Juli 2023.

Melansir dari TEMPO.CO, Selasa, 18 Juli 2023, Fadillah Arbi Aditama tercatat lahir di Purworejo, pada 3 Juli 2005. Kecintaannya terhadap dunia balap sudah ada sejak kecil, karena sang ayah, Robby Yudha Kurniawan, juga merupakan manajer tim balap Simple Concept Ole PSMX.

Bukan hanya itu, ayah Fadillah Arbi Aditama dilaporkan merupakan juara nasional drag race. Selain itu, Robby juga pernah membalap di ajang nasional road racing.

Dengan pengalaman tersebut, sang ayah menjadi bagian penting untuk memberi masukan kepada Fadillah Aditama agar menjadi pembalap terbaik, terkuat dan tercepat.

Melansir beberapa sumber, Fadhillah Arbi Aditama menganut agama Islam. Hal tersebut dibuktikan dengan salah satu postingan di Instagram pribadinya yang bercaption ‘Alhamdulillah’. 

Ia memulai karier profesionalnya di dunia balap pada 2017. Saat itu pembalap asal Purworejo tersebut berstatus sebagai pembalap didikan PT Astra Honda Motor atau AHM. 

Dari sanalah Fadhillah Aditama belajar banyak tentang motor dan dunia balap. Ia pun kala itu membalap dengan dua kapasitas motor yakni, 150cc dan 250cc. 

Fadhillah Arbi Aditama tercatat mengikuti berbagai ajang balap nasional, seperti misalnya Motorprix Indonesia, Indonesia One Prix dan Honda Dream Cup. Dalam tiga ajang itu, ia sempat meraih podium. 

Pada 2021, Fadhillah Arbi Aditama memulai karier balap internasionalnya di Idemitsu Asia Talent Cup atau IATC. Namun kompetisi tersebut sempat batal digelar di musim 2020 lantaran pandemi Covid-19. 

Pada akhirnya ia mendapatkan promosi untuk bersaing di Red Bull Rookies Cup 2022. Selain itu dirinya juga ikut hadir di ajang JuniorGP. Fadhillah Aditama mengenakan nomor #93 lantaran ia adalah fans berat juara dunia enam kali MotoGP, Marc Marquez.

Nomor tersebut nyatanya mampu membuat Fadillah Arbi bernasib baik.  Ia menjadi pembalap Indonesia pertama yang memenangkan kelas motor prototype kancah Eropa.

Padahal dalam race kedua JuniorGP Barcelona 2023, sang pembalap harus memulai balapan dari grid ke-16, Namun ia berhasil masuk ke rombongan terdepan di awal balapan dan mempertahankannya hingga garis finis.

TEMPO.CO