Menkumham Supratman Undang Para Pendahulunya untuk Diskusi Perkembangan Kemenkumham

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Supratman Andi Agtas dalam acara Silaturahmi Menkumham bersama para mantan Menkumham dan Wakil Menkumham (Wamenkumham) pada masanya di Gedung Setjen Kemenkumham, Rabu, 18 September 2024. - Foto : Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Kemenkumham RI
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, JAKARTA — Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI instansi yang sangat besar, sehingga pemikiran satu orang menteri sebagai pimpinan tidak cukup untuk membangun Kementerian ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Supratman Andi Agtas dalam acara Silaturahmi Menkumham bersama para mantan Menkumham dan Wakil Menkumham (Wamenkumham) pada masanya di Gedung Setjen Kemenkumham, Rabu, 18 September 2024.

Inisiatif Menkumham mengundang pada mantan Menkumham dan Wamenkumham ini untuk berdiskusi terkait perkembangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Saya membutuhkan pikiran, nasihat dan saran dari para senior saya dalam membangun instansi ini agar menjadi lebih baik ke depannya.” ujar Supratman.

Lebih lanjut Menkumham menekankan, bahwa pencapaian Kemenkumham saat ini tidak lepas dari kerja keras para pendahulunya.

“Seperti Bapak Yasonna. Beliau telah meninggalkan legacy yang luar biasa, yaitu pendirian Politeknik Pengayoman Indonesia (Poltekpin),” tandas Supratman.

Supratman juga menyampaikan, bahwa untuk mencapai suatu tujuan, tidak bisa digapai sendiri, perlu dukungan dari berbagai pihak.

“Kolaborasi merupakan kata kunci untuk memperbaiki Kemenkumham menjadi semakin baik,” ucap Supratman.

Mendukung Supratman, Menteri Kehakiman tahun 1993-1998, Oetojo Oesman mengatakan, bahwa Kemenkumham berperan penting dalam mendukung Indonesia sebagai negara hukum yang sesungguhnya.

“Negara hukum adalah negara yang konstitusional, demokratis dan berkeadilan.” ucap Oetojo dihadapan Menkumham dan paran mantan Menkumham lainnya.

Kemudian ia mengingatkan, bahwa saat ini penegakan hukum di Indonesia masih belum berjalan optimal. Dibutuhkan komitmen yang besar dari berbagai pihak untuk mencapai target yang diharapkan.

“Mari lebih komit dalam penegakan hukum sehingga bisa berjalan dengan baik secara konsisten dan konsekuen.” tutupnya.

Silaturahmi Menteri Hukum dan HAM dihadiri oleh beberapa menteri hukum dan HAM yang pernah menjabat sebelumnya, diantaranya Oetojo Usman, Yusril Ihza Mahendra, Patrialis Akbar, Andi Matallata, Amir Syamsudin, dan Yasonna H Laoly. Hadir pula wakil menteri hukum dan HAM pada masanya yaitu Denny Indrayana dan Edward O.S Hiariej.

Sumber: Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Kemenkumham RI