Berusaha Kelabuhi Petugas Penyekatan, 2 Warga Bengkulu Pakai Masker Daun

Foto- dok. Istimewa:DETIK
Waktu Baca : < 1 minute

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Berlokasi di pos penyekatan PPKM perbatasan Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, dua warga berusaha mengelabuhi petugas dengan memakai masker dari daun, Rabu (21/7/2021).

Aksi yang kemudian viral ini menurut salah satunya berawal dari kepanikan saat melihat petugas dan berinisiatif menjadikan daun sebagai masker.

“Saya salut dengan cara yang dilakukan kedua warga ini. Mereka memodifikasi daun karena tidak membawa masker,” kata Bupati Lebong Kopli Ansori saat dimintai konfirmasi, Kamis (22/7/2021), sebagaimana dilansir DETIK.

Meski demikian, dia mengatakan hal tersebut tidak dibenarkan. Kopli mengatakan kedua warga ini menggunakan daun karena lupa membawa masker saat pulang dari kebun.

Dia mengatakan petugas memberi peringatan kepada keduanya agar selalu memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah. Kopli mengatakan keduanya telah diberi masker dan diizinkan melintasi posko penyekatan.

“Saya mengharapkan dukungan seluruh pihak agar mendukung upaya pemerintah dalam menekan angka penularan COVID-19 di Kabupaten Lebong,” ujar Kopli.

Berdasarkan data petugas posko, ada 172 warga yang diambil sampel swab antigen. Dari jumlah ini, 10 di antaranya dinyatakan reaktif Corona dan diantar pulang ke rumah untuk menjalani isolasi mandiri.

Sementara itu, warga dari luar Lebong yang dinyatakan reaktif antigen Corona diminta putar balik. Warga yang reaktif dilarang masuk ke wilayah Lebong.

Sumber : DETIK