Menparekraf: Gelaran Festival Musik Jadi Tolok Ukur Kebangkitan Ekraf Pascapandemi

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat hadir dalam festival musik We The Fest 2023, GBK Sports Complex, Senayan, Jakarta, Jumat, 21 Juli 2023 - Foto : Kemenparekraf/Tanhananews-EP
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi acara “We The Fest 2023” dan menilai kesuksesan event tersebut juga beberapa event lain menjadi tolok ukur bangkitnya industri ekonomi kreatif pascapandemi.

Dalam siaran resminya di Jakarta, Menparekraf Sandiaga hadir dalam acara We The Fest 2023 di GBK Sports Complex, Senayan, Jakarta, pada Jumat, 21 Juli 2023 untuk melihat dan merasakan langsung atmosfer penyelenggaraan konser (event) sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

“Saya sangat mengapresiasi Ismaya (promotor) yang kembali menghadirkan ‘We The Fest’ dengan beberapa inovasi. Diperkirakan akan ada lebih dari 60 ribu pengunjung selama tiga hari penyelenggaraan,” kata Sandiaga.

“Saya ingin lihat atmosfernya apakah we are back seperti sebelum pandemi. Ternyata kelihatannya kita sudah kembali lagi dan terlihat partisipasi masyarakat sangat antusias,” imbuhnya.

Pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya event, dikatakan Sandiaga memiliki dampak turunan yang tinggi dalam membuka lapangan kerja. Mulai dari kuliner juga pekerja ekonomi kreatif lain seperti pekerja panggung, staf penjualan tiket, tenaga keamanan, dan lainnya.

Ia pun optimistis kebangkitan penyelenggaraan event seperti sebelum pandemi dapat tercapai dalam waktu yang tidak lama lagi. Penyelenggaraan eventyang dilakukan secara profesional dan didukung minat kunjungan wisatawan yang semakin meninggi.

“Saya yakin event dan festival yang kita rancang dengan kualitas dan pengalaman berkelas dunia seperti ini akan menghadirkan lebih banyak geliat ekonomi dan tentunya terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja,” kata Sandiaga.

We The Fest merupakan festival musik yang menggabungkan seni, mode, dan kuliner yang berlangsung setiap tahun.

We The Fest 2023 diselenggarakan di GBK Sports Complex Jakarta pada 21-23 Juli 2023. Acara itu menghadirkan deretan musisi tanah air seperti Kahitna, Efek Rumah Kaca, Yura Yunita, Cokelat, Gigi, Raisa, juga musisi internasional diantaranya The Strokes, Daniel Caesar, The 1975, dan lainnya.

“Mudah-mudahan ini akan berlanjut terus dan ada beberapa¬† festival lain yang digagas sehingga kita semuanya Berwisata di IndonesiaAja dan nonton¬†eventmusik di IndonesiaAja,” kata Sandiaga.

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO