Sekda Purworejo Luncurkan Tiga Aplikasi Terintegrasi

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah Drs Said Romadhon meluncurkan integrasi CMS Versi 5, SP2D Online dan Biller Bank Jateng dengan Aplikasi FMIS bertempat di gedung Ganesha Convention Hall, Purworejo pada Kamis (23/2/2023).- Foro : PEMKAB PURWOREJO
Waktu Baca : < 1 minute

PURWOREJO, (TANHANANEWS) — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah Drs Said Romadhon meluncurkan integrasi CMS Versi 5, SP2D Online dan Biller Bank Jateng dengan Aplikasi FMIS bertempat di gedung Ganesha Convention Hall, Purworejo pada Kamis (23/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Said Romadhon menyampaikan bahwa Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) merupakan suatu upaya yang terpadu dan terintegrasi, untuk mengubah transaksiĀ  pemerintah daerah dari tunai menjadi non tunai berbasis digital yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, aplikasi FMIS yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), menjadi sarana yang digunakan oleh Pemkab Purworejo dalam proses perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah.

Menurut Sekda, integrasi ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan integrasi antara FMIS dengan CMS Versi 3 Bank Jateng yang telah dimulai pada tahun 2022 yaitu di mulai dengan SP2D Online.

“Integrasi ini diharapkan dapat meminimalkan kesalahan pencatatan transaksi belanja. Pembayaran setiap transaksi dari Bendahara dilaksanakan secara non tunai dengan sekali input transaksi  dalam aplikasi FMIS, sehingga menjadikan zero kesalahan,” ungkapnya

Sementara itu Kepala BPKPAD Purworejo Agus Ari Setyadi Ssos mengatakan program biller merupakan yang pertama kali di Jawa Tengah dan itu di Kabupaten Purworejo.

“Purworejo merupakan wilayah pertama kali yang melakukan kegiatan integrasi sistem ini, yang mudah-mudahan akan memberikan semangat baru pada kita semuanya bagi teman-teman yang menggunakan aplikasi ini. Terlebih untuk bendaharawan pengeluaran dan bendaharawan pembantu,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BPKP Agus Budi Priyono, Kepala Cabang Bank Jateng Purworejo Isnanto Subroto, dan para Camat se-kabupaten Purworejo.

PEMKAB PURWOREJO | EDITOR : EDDY PRASETYO