Jemaah Haji Batam (BTH-34) jadi Kloter Terakhir Tiba di Jeddah 

Jemaah haji kloter terakhir tiba di Jeddah - Sumber : MCH 2023: Romadanyl
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Eko Hartono, Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Haryanto, serta seluruh staf hadir menyambut kedatangan jemaah haji kloter terakhir, yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTH-34 Batam, di Bandara King Abdulaziz International Airport (KAIA) Jeddah Arab Saudi, pada pukul 03.46 Waktu Arab Saudi (WAS).

Kloter BTH-34 mendarat di Jeddah pada pukul 03.46 Waktu Arab Saudi (WAS) lebih cepat dari jadwal semula pukul 04.45 WAS.

Kloter terakhir ini berjumlah 165 jemaah haji termasuk petugas kloter. Setibanya di Bandara KAIA Jeddah, jemaah transit sementara untuk mengambil niat umrah dari plaza B3 selanjutnya diangkut menggunakan 4 bus menuju ke Makkah.

“Mewakli panitia, kami mengucapkan selamat datang para jemaah haji di kloter terakhir ini, semoga tetap sehat wal afiat dan ibadah lancar memproleh haji mabrur,” kata Konjen RI Eko Hartono melalui keterangannya, saat penyambutan.

Dikesempatan itu juga Ia mengingatkan kepada seluruh jemaah supaya tetap menjaga kesehatan karena pelaksanaan haji belum dimulai. 

“Saat ini masih pemanasan, Insyallah setelah memasuki Arafah 8 Dzulhijjah nanti baru persiapkan stamina dan kesehatan masing-masing,” ujarnya.

Dirinya juga mengimbau, bagi yang akan melaksanakan ibadah sunnah jangan terlalu dipaksakan. “Sebab disini tidak sama dengan di tanah air, kondisi cuaca saat ini terik, bisa mencapai 45-46  derajat Celsius,” sambungnya.

Pun demikian jemaah haji tidak usah khawatir berlebihan, makan dan minum teratur, serta istirahat yang cukup.

“Kami juga paham para jemaah sebagian ada yang lansia untuk itu sekali lagi mohon dijaga betul kesehatannya,” tandasnya.

Dikesempatan yang sama Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Haryanto mengaku, secara keseluruhan proses penyambutan jemaah berjalan lancar.

Dengan kedatangan kloter terakhir ini jemaah haji reguler yang sudah tiba di Jeddah sebanyak 209.782 jemaah dengan 558 kloter.

“Alhamdulillah semua kuota terserap, dan proses kedatangan berjalan lancar, kendati ada beberapa kendala masih bisa ditangani dengan baik,” tegas Haryanto. 

Dengan kedatangan kloter terakhir ini, seluruh layanan kedatangan dan  penerimaan jemaah di Bandara berakhir.

Selanjutnya seluruh petugas Daker Bandara hari ini diberangkatkan ke Makkah, dan akan langsung bertugas pada satuan tugas (satgas) di Arafah untuk melayani jemaah ketika puncak haji.

KEMENAG | EDITOR: EDDY PRASETYO