Gedung Putih Luncurkan Kantor Baru Penanganan dan Penanggulangan Potensi Pandemi

Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat. ANTARA:Xinhua:Liu Jie:am
Waktu Baca : < 1 minute

WASHINGTON, TANHANANEWS.COM — Gedung Putih pada hari Jumat, 21 Juli 2023 meluncurkan kantor untuk penanganan dan penanggulangan potensi pandemi, yang akan dipimpin oleh Paul Friedrichs, seorang ahli bedah tempur militer dan pensiunan mayor jenderal Angkatan Udara yang membantu memimpin penanganan COVID Pentagon.

Kantor Kebijakan Kesiapsiagaan dan Respons Pandemi yang baru juga akan mengambil alih tugas tim respons COVID-19 dan Mpox yang saat ini dipimpin oleh Presiden Joe Biden, kata Gedung Putih, sebagaimana melansir dari REUTERS, Sabtu, 21 Juli 2023.

Kantor tersebut akan ditugasi untuk “memimpin, mengoordinasikan, dan menerapkan tindakan yang berkaitan dengan kesiapsiagaan, dan menanggapi, ancaman biologis atau patogen yang diketahui dan tidak diketahui yang dapat menyebabkan pandemi atau gangguan terkait kesehatan masyarakat yang signifikan di Amerika Serikat,” kata pernyataannya.

Biden mengumumkan pengukuhan Friedrichs sebagai direktur kantor tersebut. Friedrichs saat ini adalah asisten khusus presiden dan direktur senior Keamanan Kesehatan Global dan Pertahanan Hayati di Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih.

Gedung Putih diperkirakan akan mengurangi tim respons COVID-nya setelah pemerintah AS pada Mei mengakhiri Darurat Kesehatan Masyarakat COVID-nya. Biden mengatakan pada September tahun lalu dia yakin pandemi virus corona telah berakhir di Amerika Serikat.

SUMBER: REUTERS