Walikota di Ekuador Tewas Ditembak

Ilustrasi penembakan dengan memakai senjata api. (ANTARA:doc.Pixabay))
Waktu Baca : 2 minutes

QUITO, TANHANANEWS.COM — Wali Kota Manta, kota pelabuhan Pasifik Ekuador, Agustin Intriago, tewas ditembak pada Minggu, 23 Juli 2023 kata pihak berwenang yang mengejutkan kalangan politik.

Polisi mengatakan Intriago, 38 tahun, yang terpilih kembali sebagai walikota Manta pada Februari, sedang memeriksa pekerjaan umum di kota itu pada saat serangan terjadi.

Dalam sebuah video yang dibagikan di media sosial, komandan polisi setempat Alex Salgado mengatakan kepada wartawan bahwa Intriago terkena tembakan beberapa peluru. Alex Salgado juga mengatakan ada seorang wanita tewas dalam insiden itu.

Pemerintah kota Manta mengatakan di akun Twitternya bahwa Intriago meninggal karena ditembak.

Melalui Twitter pihak Kepolisian menyebutkan bahwa petugas telah mengamankan sebuah truk dengan sebuah granat dan sebuah senjata di dekatnya yang menurut para penyelidik dimungkinkan telah digunakan dalam serangan itu.

Menteri Dalam Negeri Juan Zapata mengatakan empat orang lainnya terluka. Menurut Juan Zapata, dua dari mereka adalah tersangka dalam pembunuhan itu.

Belum diketahui kejelasan dibalik penyerangan walikota Manta Agustin Intriago.

Ekuador menghadapi peningkatan kejahatan kekerasan yang menurut pemerintah didorong oleh perebutan kekuasaan antara kelompok-kelompok kejahatan terkait perdagangan narkoba.

Manta, sebuah kota berpenduduk lebih dari 200.000 orang, telah menjadi mangsa kelompok-kelompok kejahatan tersebut.

Sementara kejahatan umum yang meluas akibat masalah ekonomi dan sosial menambah penderitaan pada keamanan negara.

Presiden Guillermo Lasso melalui akun Twitter mengungkapkan kesedihannya atas “pembunuhan” Intriago.

Guillermo Lasso juga mengatakan telah memerintahkan pihak berwenang untuk menyeret para pembunuh ke pengadilan.

Sementara Mantan Presiden Rafael Correa mengungkapkan keterkejutannya, dengan mengatakan “Saya tidak percaya ini terjadi.” di Twitter.

Pada bulan Mei, kelompok bersenjata menyerang Wali Kota Duran. Ia selamat tanpa cedera dari serangan itu, namun seorang polisi tewas dan beberapa orang lainnya terluka, menurut laporan media.

Intriago merupakan anggota partai politik lokal di Manta.

Sebelumnya, pihak berwenang mengatakan lima orang tewas pada akhir pekan dan 11 lainnya terluka dalam kekerasan terbaru yang dipicu oleh kelompok antar geng di penjara Ekuador.

SUMBER: REUTERS