Kemlu RI Fasilitasi Pemulangan Istri dan Jenazah Suaminya dari Malaysia ke Ritaebang Flores Timur

Kemlu RI Fasilitasi Pemulangan Istri dan Jenazah Suaminya dari Malaysia ke Ritaebang Flores Timur - Foto : Kementerian LN
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) kembali memfasilitasi pendampingi pemulangan jenazah WNI Alm. Ronal Kaha (Benediktus Kedeka Kaha) dan istri Marta Keban dari Malaysia hingga ke daerah asal di Ritaebang, Solor Barat, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat, 21 Juli 2023.

Dalam keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, Senin, 24 Juli 2023, Alm. Ronal Kaha dan Marta Keban ditahan dalam operasi Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) Imigresen Sabah Malaysia pada tanggal 3 Februari 2023 di Bundu Tuhan Kundasang, Sabah, Malaysia.

Pasangan suami istri tersebut kemudian menjalani hukuman di penjara Kepayan. Usai menjalani hukuman penjara, mereka dipindahkan ke Depo Tahanan Imigresen (DTI) Papar wilayah Sabah, Malaysia  DTI untuk proses deportasi.

Pada masa menunggu proses deportasi, almarhum mengalami sakit sehingga dilarikan ke RS Queen Elizabeth II pada tanggal 12 Juli 2023 dan kemudian dinyatakan meninggal dunia pada Jumat, 14 Juli 2023 karena Severe Pneumonia with Left Lung Empyema.

Menindaklanjuti hal tersebut, KJRI Kota Kinabalu berkoordinasi dengan otoritas terkait di Sabah, Malaysia untuk mengupayakan segera pemulangan jenazah dan istri almarhum ke tanah air.

Pada tanggal 17 Juli 2023, KJRI Kota Kinabalu juga telah melakukan verifikasi kewarganegaraan terhadap istri almarhum dengan berkoordinasi dengan pihak Imigresen Sabah dan memfasilitasi penerbitan SPLP sebagai dokumen pemulangan yang bersangkutan ke Indonesia.

Jenazah Alm. Ronal Kaha dipulangkan dari Kota Kinabalu pada Rabu, 19 Juli 2023 dan tiba di Bandar Udara Frans Xavier Seda Maumere pada Jumat, 21 Juli 2023 pukul 12.30 waktu setempat dengan menggunakan maskapai Nam Air.

KJRI Kota Kinabalu pun kemudian menyerahterimakan istri almarhum kepada Direktorat Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri untuk dapat memfasilitasi pemulangan dan koordinasi dengan otoritas daerah setempat ke daerah asal di Ritaebang via Maumere. Penyerahanterimaan ini bertempat di Kantor BP3MI Nusa Tenggara Timur pada 21 Juli 2023.

Jenazah dan Istri Alm. Ronal Kaha tiba di rumah duka di Ritaebang, Solor Barat, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur pada Jumat, 21 Juli 2023 sekitar pukul 21.30 waktu setempat.

Direktorat Pelindungan WNI kemudian menyerahterimakan jenazah dan istri almarhum kepada Paulus Petala Kaha (sepupu) sebagai perwakilan pihak keluarga.

Serahterima ini disaksikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Flores Timur, BP3MI Maumere, Kapolsek Solor, Camat Solor Barat, dan Ketua Yayasan Permata Bunda Berbelas Kasih Flores Timur.

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO