Sambut MotoGP Mandalika ITDC-Astra Motor NTB Gelar Pelatihan Mekanik

Sambut MotoGP Mandalika ITDC-Astra Motor NTB Gelar Pelatihan Mekanik (Istimewa)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Dinas Koperasi (Diskop) UKM Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerjasama dengan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) dan Astra Motor NTB selaku Main Dealer sepeda motor Honda di wilayah NTB menyelenggarakan pelatikan mekanik sepeda motor di Hotel Puri Indah Subak, Jl. Subak IV No.12, Sapta Marga, Kota Mataram NTB pada Rabu (23/6/2021).

Pelatihan mekanik sepeda motor pertama yang digagas ITDC mengambil tema “TDC Peduli Pendidikan Pemuda Menjadi Calon Pengusaha Bengkel dan Mekanik Sepeda Motor Honda” bertujuan membina potensi kalangan pemuda dari 6 Desa penyangga, bagi skill teknis maupun knowledge agar kedepan menjadi pengusaha bengkel maupun mekanik di Dealer resmi HONDA.

Perwakilan Technical Training Instructor Astra Motor NTB, Alan Vikhta saat sebagai salah satu narasumber mengatakan bahwa pelatihan oleh ITDC kali ini bertujuan untuk pemberdayaan dan pengembangan anak putus sekolah.

“Pelatihan yang pertama digelar oleh ITDC dengan tujuan untuk memperdayakan dan pengembangan anak putus sekolah dengan memberikan basic dasar mengenai dunia otomotif serta training dengan melalukan magang di bengkel resmi Honda,” kata Alan Vikhta.

Kepala Diskop UKM NTB, Wirajaya Kusuma, menyebutkan pelatihan ini diikuti oleh 18 pemuda yg berasal dari 6 desa penyangga The Mandalika terdiri dari Desa Kuta, Sengkol, Sukadana, Rembitan, Mertak, dan Prabu di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

“Insyaa Allah pelatihan dilakukan selama 7 hari dan proses magang akan ditempatkan disejumlah bengkel AHASS selama 3 bulan. Kami berharapan kedepannya mereka dapat menjadi pemuda mandiri dan mampu membuka lapangan kerja di desanya masing-masing”, jelas H.Wirajaya.

Tahap awal seleksi peserta pelatihan melalui tes administrasi, tes tertulis dan wawanpada pada 16-20 Juni 2021. Sementara sesi pelatihan dimulai pada 23 hingga 30 Juni 2021.

Peserta yang telah dinyatakan lulus pelatihan diberikan kesempatan magang selama tiga bulan di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang ada di Pulau Lombok, dengan harapan kedepan mampu menciptakan lapangan kerja bidang mekanik menopang kawasan wisata di arena MotorGP Mandalika.

Pelatihan digelar secara daring dan tatap muka dengan tetap berpedoman pada prokes Covid-19, baik peserta maupun narasumber telah dilakukan tes Swab Atigen sebelum pelatihan dilaksanakan.

Sumber : Radar Lombok

Editor    : Obama Bima.