Pemuda Panca Marga Jabar Hadiri Komsos TNI dengan KBT di Wilayah Bandung TA. 2024

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga (PD PPM) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Drs. H. Muhammad Yusuf didampingi Wakil Ketua PPM Jabar Jubaedi Coerdian dalam kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI dengan Keluarga Besar TNI (KBTI wilayah Bandung TA.2024, bertempat di Ballroom Hotel Grand Asrilia, Jl. Pelajar Pejuang 45 No. 123 Kota Bandung Jabar, pada Kamis, 27 Juni 2024. - Foto : Tanhananews-EP
Waktu Baca : 3 minutes

BANDUNG, TANHANANEWS.COM — Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga (PD PPM) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Drs. H. Muhammad Yusuf beserta jajaran pengurus dan anggota PPM menghadiri undangan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI dengan Keluarga Besar TNI (KBTI wilayah Bandung TA.2024, bertempat di Ballroom Hotel Grand Asrilia, Jl. Pelajar Pejuang 45 No. 123 Kota Bandung Jabar, pada Kamis, 27 Juni 2024.

Acara yang mengambil tema “Keluarga Besar TNI Pelopor dan Penjaga Persatuan serta Kesatuan Bangsa Menuju Indonesia Emas” dibuka langsung oleh Aster Panglima TNI Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P.

Dalam sambutannya, Aster Panglima TNI menegaskan bahwa Indonesia adalah negara besar yang memiliki kekayaan alam melimpah, keanekaragaman suku, bangsa, budaya dan bahasa, maka Indonesia tidak akan bersatu jika tidak menyatukan keanekaragaman tersebut dalam bingkai persatuan dan kesatuan.

“Tantangan bagi generasi penerus (KBT) untuk berperan dalam menjaga semangat persatuan dan kesatuan, menjadikan Indonesia yang mandiri, kuat dan siap menyongsong Indonesia Emas 2045,” tutur Mayjen TNI Novi Helmy.

“Junjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan sesuai UUD 1945,” imbuhnya.

Terkait Komsos TNI dengan KBT TA. 2024, Aster Panglima TNI menyebutkan sebagai bentuk pembinaan teritorial, dengan meyiratkan pesan untuk terus memelihara komunikasi dan silaturahmi dengan KBT guna terjalin sinergitas dalam mewujudkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh.

Diakhir sambutannya, Mayjen TNI Novi Helmy menyampaikan beberapa harapan, Pertama Komsos TNI dengan KBT menjadi sarana komunikasi dan silaturahmi antara TNI dengan KBT untuk memberikan sumbangsih pemikiran atas perkembangan teraktual bangsa, guna terciptanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Kedua, Komsos TNI dengan KBT sebagai sarana saling bertukar informasi dan diskusi guna memberikan saran masukan kepada Ster TNI dan Ketiga, Komsos TNI dengan KBT sebagai bahan masukan dan pertimbangan kepada pimpinan TNI dalam mengambil kebijakan selanjutnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Nara Sumber dari Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat R. Roni Sukmaya Panji Kusumah, S.H., M.Si dengan materi “Sinergitas Pemda dan TNI Dalam Membina Karakter Bangsa Guna Menjaga Persatuan dan Kesatuan Menuju Indonesia Emas”, dilanjutkan dengan Nara Sumber dari Asosiasi Pengusaha Indonesia Jawa Barat, Perry Tristianto Tedja dengan materi “Membangun Usaha / Bisnis Dengan Semangat Kemandirian Untuk Indonesia Emas” dan Nara Sumber terakhir Paban IV/Komsos Ster TNI Kol Kav Budi Saroso dengan materi “Peran Komunikasi KBT Dalam Turut Serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Guna Menuju Indonesia Emas”.

Disela kegiatan, Ketua PPM Jabar menyampaikan bahwa kegiatan Komsos TNI dan KBT sangat bermanfaat khususnya bagi keluarga besar PPM, karena dapat menjadikan acuan dalam upaya mensosialisasikan Jiwa, Semangat dan Nilai-nilai Juang 1945 (JSN’45).

“PPM Jabar berkoordinasi dengan DPD LVRI Jabar telah dan akan terus melaksanakan sosialisasi JSN’45 merangkul kalangan pelajar di beberapa tempat, sesuai penyampaikan para pemateri dalam Komsos TNI tadi, terkait pentingnya penanaman pemahaman wawasan kebangsaan di kalangan generasi penerus bangsa, agar mampu memfilter pengaruh global yang tidak sesuai dengan akar budaya bangsa kita,” ujar HM Yusuf.

Turut hadir dalam acara tersebut, selain organisasi yang tergabung dalam KBT, juga jajaran Dewan Pimpinan Daerah Legiun Veteran Republik Indonesia (DPD LVRI) Jawa Barat, jajaran DPD Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (PIVERI) Jawa Barat, Wakil Ketua PPM Jabar Jubaedi Coerdian, Ketua Pimpinan Cabang (PC) PPM Kota Bandung Robby Gumelar, Ketua PC PPM Kabupaten Bandung H. Firman, Ketua PC PPM Cimahi Dadan Darmadi, jajaran Pengurus dan Anggota serta Resimen Yudha Putra PPM Jawa Barat

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO