Pesawat Airbus Rakitan China Dikirim ke Maskapai Eropa

Foto yang diambil pada 27 Juni 2023 ini menunjukkan pesawat A321neo dikirim ke Wizz Air Hongaria di Tianjin, China utara. Airbus, untuk pertama kalinya, telah mengirimkan sebuah pesawat yang dirakit di Kota Tianjin China utara ke pelanggan di Eropa.- XINHUA
Waktu Baca : < 1 minute

TIANJIN, TANHANANEWS.COM — Airbus, untuk pertama kalinya, mengirimkan sebuah pesawat yang dirakit di Tianjin Municipality, China utara, ke pelanggan di Eropa.

Wizz Air Hungaria, maskapai penerbangan bertarif rendah terbesar di Eropa Tengah dan Timur, menerima pengiriman pesawat A321neo pertamanya yang dirakit di Jalur Perakitan Akhir Airbus (FAL Asia) di sebuah acara di Tianjin pada hari Selasa, 27 Juni 2023.

Pengiriman tersebut merupakan tonggak sejarah bagi Airbus Tianjin, kata Christoph Schrempp, manajer umum Airbus Tianjin Delivery Center.

Dengan latar belakang pemulihan ekonomi China yang kuat, FAL Asia terus meningkatkan kapasitas perakitannya, membantu memenuhi permintaan lebih banyak pelanggan internasional dan menyuntikkan dorongan baru ke pasar penerbangan global, katanya.

Untuk memenuhi meningkatnya permintaan model A321 yang populer, Airbus mengumumkan rencananya untuk memperluas kemampuan FAL di Tianjin memproduksi A321 pada tahun 2021.

A321neo, pesawat terbesar dari keluarga A320, dapat mengangkut hingga 244 penumpang.

Diresmikan pada tahun 2008, FAL di Tianjin adalah jalur perakitan pesawat komersial Airbus pertama di luar Eropa.

Sejak pengiriman A320 pertamanya pada tahun 2009, FAL Airbus di Tianjin telah mengirimkan lebih dari 600 pesawat selama 14 tahun beroperasi.

Pada bulan April, Airbus mengumumkan pembangunan jalur perakitan kedua di Tianjin untuk memperluas kapasitas produksi keluarga pesawat penumpang A320 guna memenuhi permintaan klien global.

XINHUA