Dokter Taufiq Gugur, RSUD Cibabat Cimahi Kehilangan Nakes Terbaiknya Karena Covid-19

Tenaga kesehatan RSUD Cibabat, dr. Taufiq Sakti Noer Hidayat menghembuskan napas terakhirnya di RSHS Bandung pada Senin (28:6:2021) malam usai berjuang melawan COVID-19. [Istimewa]
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Dokter spesialis bedah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat Kota Cimahi Jawa Barat, dr. Taufiq Sakti Noer Hidayat (48th) meninggal dunia karena COVID-19 dan penyakit bawaan yang dideritanya.

Meninggalnya dokter Taufiq merupakan kasus pertama tenaga kesehatan (Nakes) yang gugur di RSUD Cibabat. Ia menghembuskan napas terakhirnya pada Senin (28/6/2021) malam di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

“Baru meninggal di RSHS. Iya terkonfirmasi COVID-19, ada komorbid,” terang Direktur Utama RSUD Cibabat, Sukawanto Gamalyono saat dihubungi Suara.com, Selasa (29/6/2021).

Ia menambahkan, dr. Taufiq merupakan salah satu tenaga kesehatan yang sejak awal berjuang untuk menangani pasien COVID-19. Pihak RSUD sangat kehilangan salah satu tenaga kesehatan terbaiknya di tengah pandemi COVID-19 yang masih mewabah.

“(dr. Taufiq) sahabat kita, orang baik. Masih muda,” tutur Sukawanto.

Ketua Satgas Covid-19 RSUD Cibabat, P.W Prastianingsih menambahkan, dr. Taufik sebelumnya menjalani rapid test antigen dengan hasil positif. Kemudian pada Jumat (25/6/2021), beliau masuk IGD RSUD Cibabat.

“Langsung kami tangani di IGD dan kemudian ditangani masuk ICU. Hasil PCR (juga) beliau positif dengan ada komorbid. Punya hipertensi sama diabetes,” ungkapnya.

Pada Minggu (27/6/2021) malam, dr. Taufik dirujuk ke RSHS Kota Bandung lantaran peralatannya dinilai lebih baik. Dokter dari RSUD Cibabat mendampinginya hingga mendapatkan perawatan di ICU RSHS Kota Bandung.

Namun, takdir berkata lain. Ia meninggal dengan virus yang sudah mewabah sejak tahun lalu di Indonesia. Padahal sebelum terkonfirmasi sakit, dr. Taufik masih menjalankan tugasnya yakni melakukan operasi terhadap pasien.

“Kami sudah mengusahakan yang terbaik, termasuk merujuk ke RSHS. Nakes pertama yang gugur dari Rumah Sakit Cibabat, mudah-mudahan jangan bertambah lagi,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Berdasarkan catatan RSUD Cibabat, ada 100 lebih pegawai rumah sakit regional yang terkonfirmasi positif COVID-19 sejak Januari 2021.

Sementara dalam seminggu terakhir ada sekitar 50 orang. Dari mulai dokter, perawat hingga cleaning service.

“Setiap hari ada petugas positif, hari ini 9. Petugas kami dalam seminggu 40-50, cukup banyak yang positif mau gak mau harus dirumahkan,” ungkap Direktur Utama RSUD Cibabat, Sukwanto Gamalyono saat ditemui di Pemkot Cimahi, Senin (21/6/2021).

Sumber : SUARAJABAR

Editor : Eddy Prasetyo