Ini Penekanan Ketum PPM Berto Saat Menerima Kunjungan Jajaran PPM Papua Barat

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga (PP PPM) Berto Izaak Doko menerima kunjungan Ketua Pimpinan Daerah (PD) PPM Provinsi Papua Barat Harri Ramandey, S.E, di Gedung Veteran RI Graha Purna Yudha Lantai 7, Jakarta, pada Sabtu, 29 Juli 2023. - Foto : Tanhananews-EP
Waktu Baca : 3 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga (PP PPM) Berto Izaak Doko menerima kunjungan Ketua Pimpinan Daerah (PD) PPM Provinsi Papua Barat Harri Ramandey, S.E, di Gedung Veteran RI Graha Purna Yudha Lantai 7, Jakarta, pada Sabtu, 29 Juli 2023.

Dalam kunjungannya Ketua PD PPM Papua Barat didampingi oleh Wakil Ketua Yusuf Poerbani, Sekretaris Bayu Arfian Sampurna, S.Kom, Biro Pemberdayaan Perempuan Andi Haspida dan Biro Kepemudaan dan Olah Raga Stevy Wuisan.

“Maksud dan tujuan kunjungan kami ke PP PPM selain silaturahmi juga melakukan koordinasi dengan PP PPM sebagaima telah diatur dalam AD/ART PPM hasil Munaslub 2019, serta meminta petunjuk dan arahan Ketua Umum PPM dalam rangka menyelaraskan program kerja kedepan,” jelas Harri Ramandey, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, 30 Juli 2023.

Harri juga menyampaikan laporan terkait konsolidasi organisasi ke seluruh Kabupaten dan Kota di wilayah Papua Barat.

“Kami PD PPM Papua Barat telah melakukan konsolidasi ke Kabupaten Fakfak, Sorong Raya, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan dan yang terakhir kami ke wilayah Kabupaten Bintuni,” ungkap Ketua PD PPM Papua Barat.

Lebih lanjut Harri juga melaporkan tentang rencana kerja PD PPM Papua Barat pada 2023 diataranya melaksanakan kegiatan Sosialisasi Jiwa, Semangat dan Nilai-nilai Juang 1945 (JSN’45) khususnya dalam upaya membangun dan meningkatkan kecintaan generasi muda Papua Barat kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta rencana pemberian bantuan kepada DPD LVRI Papua Barat.

“Selain sosialisasi JSN’45 serta pemberian bantuan kepada DPD LVRI Papua Barat, kami juga mendukung serta mengapresiasi langkah PP PPM atas kerjasamanya dengan BKKBN dalam rangka menekan angka Stunting, mengingat Papua Barat menjadi daerah pada peringkat ke-23 yang terdampak permasalahan stunting dan kemiskinan ekstrem,” ujarnya.

Ketua PD PPM Papua Barat juga menegaskan taat dan patuh dibawah naungan LVRI serta tegak lurus kepada PPM hasil Munaslub 2019.

“Perlu kami sampaikan bahwa PPM Papua Barat tunduk, taat dan patuh dibawah naungan LVRI serta tetap tegak lurus kepada PPM hasil munaslub 2019 dibawah komando ketua umum Bung Berto Izaak Doko,” tegas Harri.

Menanggapi hal tersebut, Ketum PPM Berto menyambut baik serta mengapresiasi atas kerja keras dan komitmen jajaran PD PPM Papua Barat dalam melaksanakan amanah organisasi PPM.

“Kami menyadari wilayah Papua Barat begitu luas serta dihadapkan pada permasalahan yang kompleks, namun hal itu dapat dilalui karena komitmen soliditas yang terbangun atas dasar kesadaran akan tanggungjawab yang telah terbangun di jajaran pengurus dan anggota,” ujar Ketum PPM Berto.

Ketum PPM Berto menekankan pada empat hal yang patut mendapat perhatian lebih, yaitu: pertama terkait Sosialisasi JSN’45, mengingat tugas PPM mengawal, menjaga dan melestarikan warisan LVRI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara secara berkelanjutan.

Kedua, peningkatan kualitas sember daya manusia (SDM) anggota dan pengurus PPM baik secara fisik maupun mental, seperti yang telah dilaksanakan oleh PP PPM melalui kegiatan Pelatihan Dasar Militer (LATSARMIL) atas dukungan MABESAD dalam hal ini oleh Kepala Staf AD dan dibuka langsung oleh Kasdam IV Diponegoro beberapa waktu yang lalu.

Ketiga, pelaksanaan konsolidasi hingga ke tingkat paling bawah dalam rangka pembenahan organisasi sebagai kepanjangan tangan pelaksanaa program kerja yang berkesinambungan.

“Dan terakhir adalah dukungan kepada pemerintah dalam upaya menekan peningkatan stunting pada anak, seperti yang sedang kita gagas melalui kerjasama dengan BKKBN,” kata Ketum PPM Berto.

Ketum PPM Berto juga mengatakan, sebagaimana arahan Bapak Presiden Jokowi, dalam rangka memperisiapkan generasi tangguh dan unggul menuju Indonesia Emas 20245, hal mendasar yang harus ditangani adalah menurunkan angka stunting pada anak.

“PPM harus menjadi garda terdepan dalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah menekan stunting pada anak, melalui kegiatan yang nyata, mengingat generasi sehat, unggul dan tangguh merupakan kunci terwujudnya Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Diakhir keterangannya Ketum PPM Berto berharap PPM Papua Barat dapat menginisiasi sebagai pusat kegiatan “PPM Cegah Stunting” secara serentak yang diikuti oleh PPM di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Ketum PPM Berto menyerahkan bantuan PP PPM kepada PD PPM Papua Barat berupa kain loreng serta penyerahan AD/ART PPM hasil Munaslub 2019.

Turut mendamping Ketum PPM Berto, Sekjen PP PPM Delwan Noer, Ketua KK PP PPM Saut Arthur Lumbanraja dan Ketua Bidang Hukum PP PPM Sahril Harahap.

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO