Pemuda Panca Marga Dukung Usulan Kasad Gelar Kodam di 37 Provinsi

Ketua Umum PPM Berto Izaak Doko/Komandan Korps Yudha Putra saat kegiatan Rakerda dan Diklatsarmil PD PPM Jawa Tengah di Rindam IV Diponegoro, Magelang - Foto : Istimewa
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, JAKARTA – Pemuda Panca Marga (PPM) mendukung penuh usulan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman terkait rencana memperkuat keberadaan  Komando Daerah Militer (Kodam) di 37 provinsi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PPM Berto Izaak Doko dalam keterangan tertulisnya yang diterima TanhanaNews, Minggu (12/2/2023).

“Sebagai bagian keluarga besar TNI (KBT), Pemuda Panca Marga mengapresiasi dan mendukung penuh langkah Kasad Jenderal Dudung yang akan menggelar Kodam di setiap Provinsi, sebagai upaya memperkuat pertahanan dan keamanan territorial di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Berto.

Menurut Berto, Indonesia dengan wilayah yang sangat luas serta beragamnya tatanan kehidupan berpotensi memunculkan ancaman diberbagai bidang.

“Luasnya cakupan wilayah serta beragamnya dinamikia kehidupan di Indonesia merupakan tantangan yang membutuhkan peran serta TNI melalui pendekatan Hankam yang lebih efektif dan efisien,” lanjutnya.

Cucu Pahlawan Nasional asal NTT Izaak Huru Doko juga menilai peran TNI AD saat ini telah ditunjukkan selain pada tugas pokoknya juga membantu masyarakat dalam meningkatkan taraf kehidupan ekonomi dan kesejahteraannya.

Sebelumnya Kasad Jenderal Dudung Abdurachman di hadapan para Pangkotama, Kabalakpus, para Danrem dan Asisten Kasad pada Rapat Pimpinan TNI AD T.A. 2023 di Aula Jenderal Besar A.H Nasution, Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Jumat (10/2/2023) menyampaikan Pokok-Pokok Kebijakan Kasad TNI yang merencanakan menggelar 37 Kodam di 37 Provinsi Indonesia.

Kasad menyampaikan, usulan rencana pembentukan kodam di seluruh provinsi di Indonesia ini telah disetujui Panglima TNI dan selanjutnya akan diteruskan ke Kementerian Pertahanan RI dan Kementerian PAN RB RI serta Kementerian Keuangan RI terkait masalah anggarannya.

“Sesuai perintah dari Menhan dan Panglima TNI sudah setuju, di tiap provinsi akan ada kodam, ya ini kita sudah usulkan kepada Panglima TNI, Panglima TNI akan mengusulkan kepada Menhan, Menhan akan mengusulkan kepada Menpan, tentunya nanti juga akan dibicarakan dengan Menteri Keuangan, karena akan menyangkut masalah anggaran,” jelas Kasad.

Saat ini TNI AD baru memiliki 15 Kodam yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, nantinya akan menyesuaikan dengan jumlah provinsi yang ada di Indonesia menjadi 37 kodam sebagai upaya melakukan pemerataan gelar kekuatan di setiap wilayah seimbang dengan jumlah polda yang dimiliki instansi Polri.

REDAKSI | EDITOR : EDDY PRASETYO