Amankan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, TNI-Polri Kerahkan Pasukan Elitnya

Dalam rangka pengamanan pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN yang akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 10-11 Mei 2023, TNI dan Polri memberangkatkan pasukan elitnya dari Jakarta ke Labuan Bajo, pada Jumat, 5 Mei 2023.- Foto : PUSPEN TNI
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Dalam rangka pengamanan pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN yang akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 10-11 Mei 2023, TNI dan Polri memberangkatkan pasukan elitnya dari Jakarta ke Labuan Bajo, pada Jumat, 5 Mei 2023.

Dalam keterangannya, Sabtu, 6 Mei 2023 menyebutkan bahwa pasukan elite TNI terdiri dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, Dentasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL, dan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU dan dari Polri satu Detasemen Khusus Penanggulangan Terorisme (Densus 88).

Para pasukan elit Indonesia yang ditugasi mengamankan KTT ASEAN 2023 itu dipilih dari satuan Pasukan Khusus TNI (Koopsus TNI) di bawah komando langsung Komandan Satuan Tugas Pasukan Khusus (Dansatgaspassus) Pam VVIP, sedangkan Detasemen Khusus Antiteror POLRI disupervisi langsung oleh Kapolri.

Tidak seperti anggota militer dan polisi biasa, mereka direkrut melalui proses seleksi yang ketat dan harus memiliki tingkat kemahiran yang tinggi dalam pertempuran dan pengintaian khusus, di antara tugas-tugas lainnya seperti sabotase, penghancuran, intelijen, dan berbagai kompetensi lainnya.

Tugas dan tanggung jawab utama pasukan elite ini adalah menjamin keselamatan delegasi VVIP selama kehadirannya di Labuan Bajo.

Selain itu, mereka juga ditugaskan untuk mengamankan dan mensterilkan tempat-tempat diselenggarakannya KTT ASEAN dari ancaman seperti sabotase, ancaman teroris, kemungkinan demonstrasi hingga bencana alam.

PUSPEN TNI | EDITOR: EDDY PRASETYO