Halal Bihalal 1 Abad NU di Frankfurt Jerman, Dorong Peradaban Dunia Yang Damai dan Toleran

Halalbihalal 1 Abad NU di Frankfurt - Foto : KJRI Frankfurt​
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) Jerman bersama Konsulat Jenderal Republik Indonesi (KJRI) Frankfurt menggelar acara Halal Bihalal 1 Abad NU, bertempat di Wisma Indonesia, Frankfurt am Main, Jerman, pada Sabtu, 6 Mei 2023 lalu.

Dalam keterangannya, Senin, 8 Mei 2023, acara yang mengangkat tema “Merawat Jagad Membangun Peradaban“ dihadiri oleh Konsul Jenderal RI Hamburg, Atase Kepolisian Berlin, Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia, Ketua PCI Muhammadiyah Jerman.

Juga hadir Ketua Masyarakat Muslim Indonesia (MMI) Frankfurt, Koordinator Gusdurian Jerman, Ketua PPI Frada, ketua dan anggota Panwaslu LN Frankfurt serta para ketua dan anggota PPLN dari seluruh Perwakilan RI di Jerman.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dilanjutkan pembacaan Maulid Simtudduror yang dipimpin oleh Habib Husein Alkaff dengan iringan dari grup rebana NU Jerman.

Setelah sholat Dhuhur berjamaah, kegiatan Halal Bihalal dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya beserta Yalal Wathon oleh seluruh hadirin.

Dalam sambutan pembuka, Konsul Jenderal RI Frankfurt, Acep Somantri, mengapresiasi para pengurus dan anggota PCI NU Jerman serta keluarga besar Nahdliyin yang telah datang dari berbagai negara bagian di Jerman sehingga KJRI Frankfurt menjadi bagian dari momen bersejarah dalam memperingati Satu Abad NU di Jerman.

”Melalui semangat hubbul wathan minal iman (cinta tanah air sebagai bagian dari iman), kiranya NU dapat senantiasa menjadi teladan dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Acep Somantri.

Sementara ​Rais Syuriah PCI NU Jerman, KH Saeful Fatah menyampaikan dakwah Mauidhoh Khasanah tentang pentingnya peran ulama dalam membimbing para jemaah.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Tanfidziyah PCINU Jerman, Muhammad Rodlin Billah menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Halal Bihalal 1 Abad NU. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian tanda mata PCI NU Jerman kepada Konsul Jenderal RI Frankfurt dan pembagian hadiah bagi para hadirin yang dapat menjawab pertanyaan kuis dari MC dengan tepat.

Sebagai rangkaian acara, dilakukan juga pembacaan Surat Yasin dan Tahlil serta Sholawat Tibbil Qulub oleh anak-anak yang hadir.

Dalam penyampaian pesan dan kesan 1 Abad NU, Konsul Jenderal RI Hamburg, Ardian Wicaksono berharap memasuki Abad ke-2 kedepannya NU dapat terus berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.

Turut didaulat memberikan pesan dan kesan pada kesempatan ini di antaranya Atase Kepolisian KBRI Berlin, Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia/ICMI Jerman, Muslimat NU Jerman dan Syuriah PCINU Jerman.

​Kegiatan ditutup dengan Sholawat dari Fatayat NU serta doa dan mushofahah.

Tercatat lebih dari 250 orang Nahdliyin yang tidak hanya berasal dari Jerman, namun juga datang dari Austria, Polandia dan Belgia.

KJRI FRANKFURT | EDITOR: EDDY PRASETYO