Pasukan Ajusta Lakukan Respon Cepat Tanggap Penanganan Bencana

Pasukan Ajusta Lakukan Respon Cepat Tanggap Penanganan Bencana - Foto : Satgas Yonarmed 1 Kostrad/Tanhananews-EP
Waktu Baca : < 1 minute

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir di Desa Luhu, Keamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), mengakibatkan longsor yang salah satunya menimpa Mushola Muhammadiyah di Desa Luhu.

Terkait peristiwa tersebut, Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1 Kostrad melakukan respon cepat tanggap bencana dalam membantu warga menangani longsor.

“Kami Satgas melalui Pos Luhu-Iha dipimpin Danpos Serma Raden Fendi bersama warga bahu membahu membantu menyingkirkan dan membersihkan tumpukan material longsor dengan alat seadanya,” kata Dansatgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1 Kostrad Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M. dalam keterangannya di Pos Kotis Satgas, Desa Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon, Maluku, pada Jumat, 23 Juni 2023.

Dansatgas juga menyampaikan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Ia mengatakan, “Longsor ini mengakibatkan dinding mushola jebol dan banyak material yang masuk ke dalam mushola”.

“Respons cepat yang ditunjukkan pasukan Ajusta di lapangan, membuktikan bahwa TNI AD selalu membantu mengatasi kesulitan rakyat dan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat serta siap memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara. Kami selaku Dansatgas selalu menekankan kepada jajaran pos untuk selalu tanggap dan waspada terhadap bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi di Desa binaan,” tambahnya.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Cano, 48 tahun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Satgas Yonarmed 1 Kostrad yang selalu tanggap dalam membantu warga di Desa Luhu.

“Terima kasih Bapak TNI, kami sangat terbantu. Penyingkiran dan pembersihan material longsor pun cepat untuk diselesaikan sehingga warga segera kembali beribadah di mushola,“ ujarnya.

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO