Penjelasan Terkait Rencana Jepang Melepas Air Fukushima ke Laut

Seekor burung camar memakan ikan yang dibuang oleh nelayan setelah dirusak dengan jaring dan tidak dapat dijual, di pelabuhan perikanan Tsurisihama di Shinchimachi, sekitar 55 km dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Dai-ichi yang rusak, di Prefektur Fukushima, Jepang , 1 Maret 2023. REUTERS/Kim Kyung-Hoon/File Foto
Waktu Baca : < 1 minute

TOKYO, TANHANANEWS.COM — Jepang akan mulai memompa lebih satu juta ton air olahan dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi yang hancur musim panas ini, sebuah proses yang akan memakan waktu puluhan tahun untuk menyelesaikannya.

Air disuling setelah terkontaminasi akibat kontak dengan batang bahan bakar di reaktor, yang hancur akibat gempa bumi tahun 2011.

Melansir dari REUTERS, Selasa, 4 Juli 2023, tangki-tangki di lokasi tersebut sekarang menampung sekitar 1,3 juta ton air radioaktif – cukup untuk mengisi 500 kolam renang berukuran Olimpiade.

Berikut adalah rencana Perusahaan Tenaga Listrik Tokyo (Tepco) untuk menangani air:

PELEPASAN AIR

Tepco telah menyaring air yang terkontaminasi untuk menghilangkan isotop, hanya menyisakan tritium, isotop radioaktif hidrogen yang sulit dipisahkan dari air. Tepco akan mengencerkan air hingga kadar tritium turun di bawah batas peraturan sebelum memompanya ke laut dari lokasi pantai.

Air yang mengandung tritium secara rutin dilepaskan dari pembangkit nuklir di seluruh dunia, dan pihak berwenang mendukung penanganan air Fukushima dengan cara ini.

Tritium dianggap relatif tidak berbahaya karena tidak memancarkan energi yang cukup untuk menembus kulit manusia. Namun jika tertelan dapat meningkatkan risiko kanker, kata sebuah artikel Scientific American pada tahun 2014.

Pembuangan air akan memakan waktu puluhan tahun untuk diselesaikan, dengan proses penyaringan dan pengenceran bergilir, bersamaan dengan rencana penonaktifan pabrik.

REAKSI TERHADAP PELEPASAN KE LAUT

Tepco telah terlibat dengan komunitas nelayan dan pemangku kepentingan lainnya dan mempromosikan produk pertanian, perikanan, dan hutan di toko dan restoran untuk mengurangi kerusakan reputasi yang dihasilkan dari area tersebut.

Serikat nelayan di Fukushima telah mendesak pemerintah selama bertahun-tahun untuk tidak melepaskan air, dengan alasan itu akan membatalkan pekerjaan untuk memulihkan reputasi perikanan mereka yang rusak.

Negara-negara tetangga juga telah menyatakan keprihatinan. China menjadi paling vokal, menyebut rencana Jepang tidak bertanggung jawab, tidak populer, dan sepihak.

REUTERS