Barisan Indonesia Peduli Kepri Inisiasi Salurkan Bantuan Korban Terdampak Kebakaran di Pulau Buluh

Barisan Indonesia Peduli Kepri Inisiasi Salurkan Bantuan Korban Terdampak Kebakaran di Pulau Buluh - Foto : Tanhananews-EP/Dok. Pribadi
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Barisan Indonesia Peduli (BIP) Provinsi Kepri berkolaborasi dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kepri, Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI) Provinsi Kepri, LPM Kelurahan Tiban Indah, Simawang Saiyo Sakato Kota Batam, dan Rang Mudo Tanah Datar menggelar kegiatan sosial kepada warga masyarakat Pulau Buluh Kota Batam terdampak musibah kebakaran yang terjadi pada Rabu, 19 Juli 2023 yang baru lalu.

Menurut Ketua BIP Kepri Adrizal, selaku inisiator, kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu, 30 Juli 2023 pagi tersebut merupakan bentuk kepedulian kepada sesama dalam rangka turut meringankan beban para korban terdampak musibah kebakaran di Pulau Buluh.

“Kami menyalurkan bantuan berupa beras dan pakaian layak pakai dengan sumber dana dari swadaya organisasi masing-masing yang terlibat dalam kegiatan sosial ini,” unggap Adrizal dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu, 30 Juli 2023.

“Masing-masing pengurus dan anggota dari lintas organisasi ini bahu-membahu guna mengumpulkan donasi ini,” imbuhnya.

Sementara Ketua FPPI Kepri Tuti Nasution menyambut baik inisiatif kegiatan sosial ini. Terlebih, bantuan ini sangat dibutuhkan oleh para korban bencana kebakaran tersebut.

“Alhamdulilah, FPPI merasa bersyukur bisa turun ke Pulau Buluh bersama BIP dan sejumlah organisasi lainnya, bergandengan tangan untuk kemanusiaan. Semoga kedepannya kita akan lebih lagi untuk kegiatan kemanusiaan,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris KNPI Kepri Muhamad Irfan. Ia berharap, dengan bantuan ini dapat sedikit meringankan beban yang dialami oleh para korban.

“Pulau Buluh ini kampung saya, karena pulau buluh ini tempat saya mengenyam pendidikan, Mungkin nilai bantuan ini tak seberapa, tapi harapan kita apa yang telah disalurkan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menjadi korban kebakaran. Kami juga mendoakan agar para korban, diberikan ketabahan dan kemudahan dari Allah SWT,” kata Irfan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, mengutip dari BATAMPOS, Kamis, 20 Juli 2023, Kebakaran hebat kembali terjadi di Pulau Buluh, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Rabu (9/7) pagi. Sebanyak sembilan unit rumah ludes terbakar. Satu orang wanita lanjut usia juga tewas terpanggang api.

Korban meninggal dunia ini bernama Lim Im Sie Jeng berusia 62 tahun. Dia tidak bisa diselamatkan karena kobaran api yang cepat membesar dan terjebak dalam rumah yang terbakar.

Informasi yang didapat kebakaran terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, dari salah satu rumah yang berjejer dan berdempetan satu sama lain.

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO