Dibuka Juni, Rakor Panitia Pusat Pembentukan Komponen Cadangan Bahas Kesiapan Perekrutan

568
Dirjen Pothan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha (Foto kemhan.go.id)
Waktu Baca : < 1 minute

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Terkait kesiapan para pihak dalam rencana pembukaan pendaftaran komponen cadangan matra darat yang dijadwalkan mulai Bulan Juni 2021, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kementrian Pertahanan (Kemhan RI), Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Panitia Pusat Pembentukan Komponen Cadangan yang dilaksanakan di Aula Bela Negara Lantai 8 G. R. Soeprapto, Ditjen Pothan Kemhan, Jakarta, Selasa (4/5/2021), sebagaimana dilansir laman Kemhan RI.

Lihat Juga  Irjen Kemhan Bertemu Tim BPKP Bahas Pengawasan Internal

Masing-masing pihak yang terkait dalam rakor ini memaparkan kesiapan proses perekrutan Komponen Cadangan dari tahap pendaftaran, tahap pendidikan dan pelatihan, sampai pelantikan.

Seleksi penerimaan ini akan diadakan pada minggu I, II, dan III bulan Juni 2021, sedangkan pendidikan pelatihan dasar kemiliteran selama 3 bulan akan dimulai sejak minggu ke-4 bulan Juni sampai dengan September 2021. Perekrutan Komponen Cadangan dilakukan atas dasar sukarela.

Sebagai langkah awal, pendidikan dan pelatihan akan dilaksanakan di Pulau Jawa, dengan alokasi sebanyak 2500 orang. Pendidikan akan dilaksanakan di Rindam-Rindam yang ada di Pulau Jawa yaitu Rindam Jaya/Jayakarta, Rindam III/Siliwangi, Rindam IV/Diponegoro, dan Rindam V/Brawijaya. Penerimaan tahap pertama diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa, PNS, dan pegawai BUMN/BUMS, serta pembina muda Pramuka.

Lihat Juga  Panglima TNI Dampingi Presiden Jokowi Pada Upacara Penetapan Komponen Cadangan

Hadir dalam Rapat Koordinasi ini Wakil Gubernur DKI Jakarta, Pejabat Kemendagri, Pejabat Kemen BUMN, Kabainstrahan Kemhan, Pejabat Eselon II di lingkungan Kemhan, Pejabat Eselon II TNI AD, Pejabat Pendidikan dan Pelatihan TNI AD, serta Komandan Rindam terkait.

Sumber : Biro Humas Setjen Kemhan

Editor : Eddy Prasetyo