SAJ Maskapai Milenial Berbiaya Rendah, Segera Layani Penerbangan Batam-Jakarta PP

Maskapai Super Air Jet yang segera llayani penerbangan Batam-Jakarta-Batam dalam waktu dekat.(dok. Super Air Jet)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Setelah mengantongi ijin dari Otoritas Penerbangan Nasional, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Kementerian Perhubungan, maskapai penerbangan baru Super Air Jet (SAJ) yang mengusung konsep milenial dan berbiaya rendah rencananya akan melayani penerbangan komersial Batam-Jakarta-Batam mulai 17 Juli 2021.

Melansir dari BATAMPOS.CO.ID, Distrik Manager Lion Air dan SAJ Kota Batam, M Zaini Bire mengatakan, dalam rangka penjajakan setiap harinya SAJ melayani satu penerbangan.

“Setiap harinya, SAJ melayani satu penerbangan saja. Hal ini disebabkan, karena masih dalam rangka penjajakan. Masih sistem tektok, misalnya Jakarta-Kualanamu-Jakarta itu 16 Juli. Esoknya, 17 Juli rute dijalani SAJ Jakarta-Batam- Jakarta. Kan masih perkenalan dulu,” ujar Bire Senin (5/7/2021).

Zaini Bire juga mengungkap walaupun memberikan layanan terbaik, tapi harga tiket SAJ tidak mahal. ”Harga tiket Lion Air, tapi pelayanan Batik Air,” ungkapnya

Ia juga menyebutkan SAJ memiliki beberapa pesawat berjenis Airbus A320. Pesawat ini memiliki 180 kursi. ”Jadi lebih lega dan luas, dan memiliki free bagasi 15 kilogram,” tuturnya.

Mengutip dari KOMPAS, Direktur Utama SAJ Ari Azhari mengatakan bahwa SAJ didirikan atas dasar optimisme dalam memenuhi kebutuhan penerbangan dalam negeri.

“Super Air Jet didirikan atas dasar (rasa) optimis bahwa peluang pasar, khususnya kebutuhan penerbangan dalam negeri masih ada dan terbuka luas, ada permintaan yang sangat kuat dari masyarakat untuk perjalanan udara saat ini, terutama para milenial,” kata Ari Azhari Rabu (30/6/2021).

SAJ telah mengantongi Surat Izin Usaha Angkutan Udara Berjadwal (SIUAU-NB) dengan Nomor SIUAU/NB-036. Maskapai penerbangan tersebut memiliki kode penerbangan IU dari Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA), SJV dari ICAO, dan PROSPER untuk kode panggil (call sign) di udara.

Sumber : BATAMPOS.CO.ID

Editor : Eddy Prasetyo