Reza Rahadian Temui Jokowi Bicarakan Nasib Insan Film Saat Pandemi

Reza Rahadian (kanan) dan perwakilan insan perfilman menemui Jokowi di Istana Kepresidenan. (ANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia/cnnindonesia)
Waktu Baca : < 1 minute

TANHANANEWS.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima aktor Reza Rahadian yang menyampaikan aspirasi terkait perjuangan keras para pelaku industri film selama pandemi Covid-19, dilansir dari cnnindonesia, Selasa (5/3/2021)

Menurut Reza, perjumpaannya dengan Jokowi lebih pada tindak lanjut dari surat insan film ke Presiden yang meminta perhatian serta dukungan pemerintah kepada insan perfileman yang berjuang saat pandemi.

“Tadi isinya lebih ke diskusi menyampaikan apa-apa saja permasalahan di dunia film Indonesia saat ini, bioskop kondisinya seperti apa, apa yang harus sebaiknya dilakukan untuk merespons kondisi tersebut,” kata Reza dalam rekaman suara yang diterima

Dalam beberapa hari terakhir, para insan perfilman mengunggah surat terbuka untuk Presiden Jokowi.

Mereka bercerita ancaman pembajakan semakin tinggi. Di saat yang sama, pandemi membuat kondisi industri film makin sulit.

Banyak pekerja yang terancam kehilangan pekerjaan. Mereka meminta bantuan insentif, paket stimulus, subsidi, perlindungan hukum, dan kesehatan.

Pemeran BJ Habibie dalam Habibie & Ainun itu menyebut respons Jokowi terhadap keluhan insan film sangat cepat. Ia berharap Jokowi bisa membantu industri film yang kesulitan di masa pandemi.

“Sebenarnya ini adalah respons yang cepat dari pemerintah, khususnya dari Bapak Presiden atas surat terbuka yang juga dikirimkan teman-teman perfilman,” ujar Reza.

Dalam pertemuan itu, Reza datang bersama aktris Marcella Zalianty dan produser Manoj Punjabi. Ketiganya melakukan pertemuan tertutup bersama Jokowi di Istana

(Redaksi)