Sandiaga Uno: Lomba Cipta Lagu Nusantara Mendukung Anak Komunitas Berkarya Bagi Seni Musik di Indonesia

Foto Istimewa (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, Jakarta – Dalam siaran persnya (15/3/2021), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar lomba Karya Musik Anak Komunitas (Kamu, Aku) yang merupakan rangkaian peringatan Hari Musik Nasional, 9 Maret 2021. Lomba dimaksudkan untuk membangkitkan semangat insan musik tanah air dimasa pandemi COVID-19.  

Menparekraf/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak seluruh insan musik tanah air khususnya yang tergabung dalam komunitas musik untuk ikut mengirimkan karya terbaik. Ia berharap lomba itu sekaligus mampu membangkitkan semangat pelaku ekonomi kreatif subsektor musik tanah air.

‚ÄĚKami menggelar lomba cipta lagu nusantara untuk mendukung kreatifitas anak komunitas untuk berkarya bagi seni musik di Indonesia. Saya mengajak seluruh insan kreatif tanah air untuk ikut serta dan mengirimkan karya terbaik,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, Senin (15/3/2021)

Keragaman budaya menjadi salah satu kekuatan yang menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar. Setiap daerah memiliki ciri khas seni musik masing-masing. Mulai dari alat musik, lagu, hingga pertunjukkan yang memasukkan musik sebagai unsur utama. Hal ini juga menjadikan musik menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan saat  berkunjung ke suatu destinasi.Menparekraf Sandiaga mengatakan, sudah sepatutnya seluruh masyarakat berbangga dengan keragaman musik yang dimiliki. Musik menjadi identitas sekaligus medium pemersatu bangsa. “Meski kita sangat beragam, memiliki banyak perbedaan, dengan musik kita tetap seirama,” kata Sandiaga.

Lomba “Karya Musik Anak Komunitas” sendiri berhadiah total Rp130 juta. Perlombaan ini bersifat berkelompok. Yang boleh partisipasi merupakan perwakilan yang tergabung dalam komunitas musik atau sanggar kesenian di seluruh Indonesia, dan bukan perorangan.Komunitas yang tertarik untuk ikut serta dalam lomba ini dapat mengisi formulir pendaftaran di website kamuaku.kemenparekraf.go.id. 

Pendaftaran dan pengumpulan karya telah dibuka sejak 9 Maret 2021 hingga 31 Maret 2021. Dilanjutkan dengan proses penjurian pada 1-8 April 2021 dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada acara puncak 10 April 2021.Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website kamuaku.kemenparekraf.go.id. Yuk, kirim karya terbaik kalian.

(Redaksi)