Ketum PPM Berto: Hargai Proses, Karena Kita Bisa Berdiri Hari Ini Hasil Perjuangan Para Pendahulu

Ketua Uumum PPM Berto Izaak Doko, SH (kiri0 bersama Ketua KK PPM Saut Arthur Lumbanraja (kanan) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang, Palembang, Sumsel, pada Jumat, 13 September 2024 - Foto : Tanhananews-EP
Waktu Baca : 2 minutes

TANHANANEWS.COM, JAKARTA — Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga (PP PPM) Berto Izaak Doko, S.H. tiba di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) langsung mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang,  Jl. Jend. Sudirman, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumsel, pada Jumat, 13 September 2024.

“Kunjungan ini selain untuk menyampaikan doa sekaligus upaya mengenang jasa-jasa para pahlawan pejuang yang telah rela berkorban jiwa dan raga bagi kemerdekaan dan kelangsungan kehidupan bangsa Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Sumsel,” kata Berto.

Ketum PPM Berto yang didampingi oleh Ketua KK PPM Saut Arthur Lumbanraja dan Ketua PD PPM Sumsel Gerry Iskandar Alamlah, BSBA juga mengatakan “Tanpa mereka para pejuang bangsa, kita tidak akan pernah menikmati alam kemerdekaan seperti saat ini”.

“Saya sering mengingatkan kepada jajaran PPM di seluruh Indonesia bahwa kemerdekaan bangsa kita ini bukan hasil “sim sala bim” atau pemberian, namun merupakan hasil kerja keras perjuangan para pendahulu kita yang rela mengorbankan jiwa dan raga, hanya untuk satu kalimat “keberlangsungan kehidupan anak, cucu dan keturunannya“,” ujar cucu Pahlawan Nasional asal NTT Izaak Huru Doko.

“Maka saya perlu tegaskan disini, sebagai salah bentuk implementasi dari jiwa, semangat dan nilai-nilai juang 1945 (JSN’45-red) adalah selalu menghargai dan menghomati proses, dengan begitu akan muncul kesadaran dir, bahwa kita bisa berdiri hari ini karena peran besar dan kontribusi para orang tua, pejuang yang telah mendahului kita,” tegasnya.

Di akhir keterangannya, Berto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumsel yang telah menjadikan TMP Ksatria Ksetra Siguntang semakin indah dan nyaman.

“Saya selaku pribadi dan ketua umum Pemuda Panca Marga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumsel dan jajaran serta kepada ketua PD PPM Sumsel Gerry dan jajaran yanturut serta memberikan kontribusi ide, gagasan dan pemikiran, sehingga TMP Ksatria Ksetra Siguntang direnovasi menjadi semakin indah dan nyaman. Inilah bentuk nyata pengamalan JSN 45 dalam menjaga harkat, martabat dan kehormatan para pejuang bangsa Indonesia,” pungkas Ketum PPM Berto.

Sebagai informasi,dikutip dari wikipedia Indonesia, tokoh-tokoh Indonesia yang di makamkan di pemakaman Ksatria Ksetra Siguntang, antara lain: Adnan Kapau Gani, mantan Wakil Perdana Menteri Indonesia, Kolonel Inf (Purn) Barlian, mantan Pangdam IV/Sriwijaya, Letkol Inf (Purn) M. Joesoef Emdhy, mantan Direktur PN Perkebunan X, Kapten (Anumerta) A Rivai, Komandan Resimen Markas Divisi II yang gugur saat Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Palembang, H. Abdul Rozak, mantan Residen Palembang, serta para pejuang dan tokoh lainnya.

Rencananya dalam kunjungan ke Palembang kali ini, Ketum PPM Berto akan menyerahkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Ham (SK Menkumham) RI PPM-LVRI kepada PD PPM wilayah Sumatera bagian selatan setelah sebelumnya penyerahan kepada PD PPM wilayah Sumatera bagian utara, wilayah Pulau Jawa dan NTB, serta di wilayah Kalimantan.

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO