Sambut Ramadhan 1444H, Ketum PPM Berto: Jaga Kesuciannya dengan Tumbuh Kembangkan Sikap Toleran

Arsip - Ketua Umum PPM Berto Izaak Doko bersama Agus Zakaria, Wantimpus PPM (Foto Dokpri)
Waktu Baca : 1 minute

JAKARTA, (TANHANANEWS) — Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah/2023 M saya mengajak seluruh elemen bangsa, khususnya keluarga besar Pemuda Panca Marga (PPM) dapat menjaga kesuciannya melalui sikap dan perilaku saling menghargai dan saling menghormati.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat PPM Berto Izaak Doko dalam keterangannya yang diterima TANHANANEWS, Senin (20/3/2023) pagi.

“Mari sambut bulan suci ramadhan 1444 H/2023 M, khususnya bagi keluarga besar PPM dimanapun berada dalam menjaga kesuciannya dengan selalu menumbuh kembangkan sikap dan perilaku saling menghargai dan saling menghormati,” kata Berto.

Berto menilai bahwa saling menghargai dan menghormati merupakan sikap dasar yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sebagaimana yang telah dicontohkan oleh para pendiri bangsa.

“Kemerdekaan Indonesia dapat dicapai karena rasa persatuan, kebersamaan, rasa saling menghargai dan menghormati untuk satu tujuan yaitu melepaskan diri dari belenggu penjajahan,” ujarnya.

Menurut cucu Pahlawan Nasional asal NTT Izaak Huru Doko, Ibadah Puasa Ramadhan bagi umat Islam adalah upaya dalam melepaskan diri dari belenggu hawa nafsu.

“Bulan ramadhan menjadi bulan spesial bagi saudara kita umat muslim di seluruh dunia, selama satu bulan penuh diuji kesabarannya dalam menahan lapar, dahaga dan lainnya dari mulai waktu Subuh hingga waktu Maghrib untuk meraih kemenangan, terlepasnya diri dari belenggu hawa nafsu di bulan Syawal,” kata Berto.

Ia juga berpesan kepada jajaran PPM di seluruh Indonesia agar membantu melaui sinergi dengan TNI-POLRI dan Pemerintah disemua tingkatan daerah dalam menciptakan suasana kondusif, aman dan nyaman pada pelaksanaan ibadah ramadhan kali ini.

Diakhir keterangannya, Berto Izaak Doko menyampaikan “Di kesempatan yang baik ini saya secara pribadi, keluarga maupun organisasi PPM mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan 1444 H kepada umat Muslim dimanapun berada, khususnya bagi keluarga besar LVRI dan PPM, disertai harapan dan doa, semoga seluruh ibadah selama bulan ramadhan kali ini diterima Tuhan Yang Maha Esa”

REDAKSI | EDITOR : EDDY PRASETYO