Panglima TNI: Saat Ini TNI Bukan Dwi Fungsi Tapi Multi Fungsi

Sebanyak 31 orang Perwira Tinggi (Pati) TNI laksanakan Korp Raport kenaikan pangkat kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, 15 Juni 2023.- Foto : Puspen TNI
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M mengatakan, kalau ada yang bertanya Dwi Fungsi, saat ini TNI bukan Dwi Fungsi tapi Multi Fungsi.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI saat memberikan arahan kepada seluruh Perwira Tinggi selesai melaporkan atas kenaikan pangkat dengan didampingi oleh para istri dan Pejabat Utama Mabes TNI, yang berlangsung di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, pada Kamis, 15 Juni 2023 yang lalu.

“TNI sekarang ini sudah  multi fungsi mulai dari gempa, bahkan sampai menahan hujan. TNI sudah jadi dukun hujan. Ayo nek (bila/jika)  ada hujan deras ataupun kabut siapa yang bisa disambati (dimintai tolong/bantuan) ? Berkali-kali banjir yang disambati sopo (diminai tolong/bantuan siapa) pak?  TNI pak,  gak ada lagi,” ujar Panglima TNI dengan logat Jawanya.

“Begitu kekeringan, pengen hujan sopo sing disambati (siapa yang bisa dimintai tolong/bantuan) ? Itu saya buktikan kemarin. Waktu PAM di Labuan Bajo sampai dikirim 20 ton. 10 ton pertama kurang tambah lagi 20 ton. Tolong bapak Panglima.Tolong bapak Panglima,” lanjut Laksamana TNI Yudo Margono.

Tidak hanya sampai disitu, kata Panglima TNI meneruskan, covid sopo sing disambati (siapa yang bisa dimintai tolong/bantuan) ? ya TNI.

Sopo sing wani (siapa yang berani) menyelesaikan di Natuna ?  Sopo sing wani (siapa yang berani) menyelesaikan Wisma Atlet ? Yaa TNI.

Gempa, sopo sing berani  (siapa yang berani) nembus pertama di Palu,  waktu itu dimana saja gempa sampai selesainya gempa, sopo sing disambati (siapa yang dimintai tolong/bantuan) ? Yaa TNI. 

“Jadi yen (bila/jika)  ditanya dwi fungsi gak usah takut, jawab saja sekarang TNI ini bukan dwi fungsi tapi multi fungsi,” kata Panglima TNI,

Panglima TNI juga mengajak prajurit TNI untuk terus membangun TNI. “Mari kita bangun TNI dengan penuh keikhlasan. Tentunya kita semuanya ingin  generasi penerus kita lebih baik dari kita.  TNI harus lebih maju dari kita saat ini, harus bertahan bahwa TNI memiliki kepercayaan masyarakat yang sangat tinggi karena memang inilah tugasnya TNI”, ujar Laksamana TNI Yudo Margono.

PUSPEN TNI | EDITOR: EDDY PRASETYO