Jelang Peluncuran SATRIA-1, Plt Dirut BAKTI Kominfo Sebut Masih Sesuai Jadwal

Jelang Peluncuran SATRIA-1, Plt Dirut BAKTI Kominfo- Masih Sesuai Jadwal - Foto : Kementerian Kominfo
Waktu Baca : 2 minutes

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Plt Direktur Utama Badan Aksesibiiltas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo Arief Tri Hardiyanto menyatakan SpaceX mengumumkan peluncuran masih sesuai jadwal.

Dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Sabtu, 17 Juni 2023 disebutkan bahwa peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1 akan berlangsung pada tanggal 18 Juni 2023 pukul 18.04 waktu setempat atau 19 Juni 2023 05.04 WIB. 

“Sampai saat ini masih on schedule atau belum ada indikasi untuk bergeser,” ungkap Arief Tri Hardiyanto dalam Konferensi Pers Persiapan Peluncuran SATRIA-1 di Florida, Amerika Serikat, pada Sabtu, 17 Juni 2023 waktu setempat.¬†

“Kita berharap dalam detik demi detik ke depan semua hal, terutama cuaca, tetap kondusif agar peluncuran dapat dilakukan sesuai jadwal,” imbuhnya.

SATRIA-1 akan diluncurkan ke orbit dengan roket Falcon 9 milik Space Exploration Technologies Corporation, atau dikenal dengan SpaceX dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. 

“Hari ini kita mohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar Tuhan Yang Mahakuasa meridhoi perjuangan kita untuk menyejahterakan bangsa melalui jalan transformasi digital ini,” ujar Plt Dirut BAKTI Kominfo.

Deputi Koordinator Proyek PT Satelit Nusantara Tiga, Heru Dwikartono menjelaskan hingga saat ini persiapan peluncuran berjalan lancar dan sesuai rencana dan akan mulai -12 sequence sebelum peluncuran setelah berada di launch pad.

“Sampai hari ini semua tahapan pekerjaan berlangsung normal dan nominal. Per tadi malam, satelit dan roket sudah terintegrasi, meski masih dalam posisi horizontal. Malam ini akan keluar dari hangar dan proses koneksi mekanikal di launchpad,” tuturnya.

Heru Dwikartono mengharapkan agar cuaca saat peluncuran akan dalam kondisi baik. Sehingga seluruh tahapan akan berjalan sesuai rencana dan sukses.

“Prediksi SpaceX sampai tadi pagi masih dalam kondisi yang direncanakan dan bisa diluncurkan pada tanggal 18 Juni 2023 pukul 18:02 waktu Florida,” ungkapnya.

Kementerian Kominfo Kominfo dan PT SNT telah menetapkan SpaceX sebagai mitra untuk menyediakan layanan peluncuran bagi SATRIA-1 di fasilitas mereka di Florida.

SATRIA-1 dibangun oleh Thales Alenia Space (TAS) Prancis menggunakan platform SpaceBus NEO. Pengangkutan SATRIA-1 dengan kapal kargo Nordic dari perancis menuju Cape Canaveral melalui jalur laut.membutuhkan waktu 17 hari.

KEMENTERIAN KOMINFO | EDITOR: EDDY PRASETYO