Kemenkominfo Ajak Nobar Peluncurkan Satelit Satria-1 Besok Pagi Lewat YouTube

Ilustrasi - Tampilan Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1. ANTARA:HO-BAKTI Kemenkominfo:am
Waktu Baca : < 1 minute

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bakal meluncurkan satelit Satria-1. Melansir akun Instagram resmi @kemenkominfo pada Minggu, 18 Juni 2023, disebutkan peluncuran satelit Satria-1 akan dilaksanakan besok Senin, 19 Juni 2023 dari Space X, Cape Canaveral, Florida.

Kemenkominfo mengajak masyarakat untuk nonton bareng menjadi saksi sejarah dengan menyaksikannya melalui siaran langsung peluncuran di channel YouTube Kemenkominfo TV.

Siaran dapat disaksikan pukul 04.30 WIB atau 05.30 WITA dan 06.30 WIT.

“Jadilah saksi sejarah peluncuran Satelit SATRIA. Live di YouTube Kemkominfo TV,” tulisnya di @kemenkominfo.

Sebelumnya, Plt Direktur Utama Badan Aksesibiiltas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo Arief Tri Hardiyanto menyatakan SpaceX mengumumkan peluncuran masih sesuai jadwal.

“Sampai saat ini masih on schedule atau belum ada indikasi untuk bergeser,” ungkap Arief Tri Hardiyanto dalam Konferensi Pers Persiapan Peluncuran SATRIA-1 di Florida, Amerika Serikat, pada Sabtu, 17 Juni 2023 waktu setempat. 

SATRIA-1 dibangun oleh Thales Alenia Space (TAS) Prancis menggunakan platform SpaceBus NEO. Pengangkutan SATRIA-1 dengan kapal kargo Nordic dari perancis menuju Cape Canaveral melalui jalur laut dengan membutuhkan waktu 17 hari.

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO