KAI Meriahkan HUT ke-78 RI bersama Pelanggan

Suasana Perayaan Hari Kemerdekaan RI oleh KAI - Foto : KAI
Waktu Baca : < 1 minute

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — HUT ke-78 Kemerdekaan RI, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bersama-sama pelanggan merayakan momen bersejarah tersebut pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Peringatan HUT RI dilakukan secara serentak bersama dengan seluruh pelanggan yang melakukan perjalanan pada 17 Agustus 2023 baik di stasiun maupun di dalam kereta api mulai pukul 10.17 s.d. 10.20 WIB.

Pelanggan diinstruksikan untuk berdiri dan pada saat memasuki detik-detik Proklamasi, kemudian mendengarkan pemutaran rekaman pembacaan teks Proklamasi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Meski dilakukan secara sederhana namun peringatan HUT RI tetap berjalan dengan khidmat,” ungkap Vice President Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya Jumat, 18 Agustus 2023.

Joni mengatakan respons masyarakat pun sangat antusias, haru, dan bangga ketika mengikuti peringatan HUT RI ini.

Untuk semakin menguatkan momen HUT RI sekaligus menghibur para pelanggan, KAI mengadakan berbagai kegiatan di seluruh wilayah kerjanya mulai dari menghadirkan livery khusus di stasiun dan kereta api, berbagai lomba kerakyatan, lomba tarik lokomotif, lomba cuci kereta, lomba menghias lokomotif, serta pembagian voucher dan bingkisan. Tak hanya itu, para petugas frontliner di stasiun juga mengenakan pakaian bernuansa kemerdekaan RI.

“Saat 17 Agustus, para pegawai pun diwajibkan untuk mengikuti upacara. Kecuali pegawai operasional yang sedang bertugas. Semua rangkaian acara ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian KAI dalam menumbuhkan rasa nasionalisme baik kepada pegawai, masyarakat, maupun pelanggan KAI,” jelas Joni

Selanjutnya Joni berharap, dengan memahami nilai – nilai cinta tanah air dan menumbuhkan rasa patriotisme tersebut, masyarakat Indonesia bersatu untuk mewujudkan Indonesia maju, sekaligus terhindar dari paham radikalisme yang berpotensi menghancurkan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. 

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO