Menhan Israel dan Presiden Palestina Bahas Langkah Membangun Kepercayaan

Ilustrasi Palestina dan Israel (Shutterstock: Protasov AN:FT)
Waktu Baca : < 1 minute

TANHANANEWS.COM, Jakarta — Menteri Pertahanan (Menhan) Israel Benny Gantz mengatakan telah melakukan pembicaraan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Senin (19/7/2021) dan menyepakati untuk membuat langkah-langkah membangun kepercayaan antara kedua belah pihak.

Melansir Reuters Selasa (20/7/201), itu adalah kontak tingkat tinggi pertama yang diumumkan oleh pemerintah baru Israel, yang dilantik bulan lalu, menggulingkan pemimpin terlama negara itu, Benjamin Netanyahu.

Koalisi yang berkuasa terdiri dari partai-partai sayap kiri, tengah, sayap kanan dan Arab dengan sedikit kesamaan di bidang diplomatik.

Para pejabat mengatakan mereka akan fokus pada reformasi domestik dan sebagian besar menghindari langkah besar pada isu-isu internasional seperti kebijakan terhadap Palestina.

Gantz mengatakan dia berbagi harapan baik dengan Abbas pada liburan Idul Adha Selasa (20/7/2021) salah satu dari dua hari besar terpenting dalam kalender Islam.

“Diskusi itu positif dan keduanya menyebutkan perlunya memajukan langkah-langkah membangun kepercayaan antara Israel dan Otoritas Palestina, yang akan menguntungkan ekonomi dan keamanan seluruh kawasan,” kata pejabat kementrian pertahanan Israel dalam sebuah pernyataan.

Pejabat Palestina mengkonfirmasi panggilan itu namun tidak memberikan rincian.

Sumber : Reuters