Gyska Mahasiswi UNTAD Palu Raih the Best National Costume di Ajang Miss Teen International

Gyska Salsabila Iswansyah, seorang mahasiswi Universitas Tadulako di Palu, Sulawesi Tengah, berhasil meraih gelar "Busana Nasional Terbaik.", saat mewakili Indonesia dalam ajang Miss Teen International di Phnom Penh, Kamboja - Foto : KBRI Phnom Penh
Waktu Baca : 2 minutes

PHNOM PEHN, KAMBOJA, TANHANANEWS.COM — Gyska Salsabila Iswansyah, seorang mahasiswi Universitas Tadulako di Palu, Sulawesi Tengah, berhasil meraih gelar “Busana Nasional Terbaik.”, saat mewakili Indonesia dalam ajang Miss Teen International di Phnom Penh, Kamboja.

Dalam kompetisi tersebut, Gyska Salsabila memukau dengan busana yang dirancang oleh Bubu Ramadhan, seorang perancang busana ternama yang telah banyak berprestasi di ajang Jember Fashion Carnival. Rancangan busana tersebut menggambarkan semangat “Pemberdayaan Perempuan” di Indonesia.

Dalam keterangan KBRI Phnom Pehn, Senin, 26 Juni 2023, tim Miss Teen Indonesia yang dipimpin oleh Davina Maharani melakukan kunjungan ke KBRI Phnom Pehn, pada Jumat, 23 Juni 2023 lalu bertemu dengan jajaran KBRI Phnom Pehn serta Perwakilan Perhimpunan Filantropi dan Pariwisata (PF Pensosbud).

Selain memberikan ucapan selamat dan penghargaan, kunjungan Miss Teen Indonesia ke KBRI juga dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan penting tentang penggunaan media sosial secara bijak dan literasi media kepada generasi muda.

KBRI juga berharap Gyska Salsabila dapat mengajak generasi muda Indonesia untuk memahami bahaya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang semakin meningkat di negara-negara tetangga Indonesia. Mereka diingatkan agar tidak tergoda oleh tawaran pekerjaan dengan gaji tinggi yang tidak membutuhkan keterampilan khusus dan tanpa kontrak kerja yang jelas.

Kasus-kasus TPPO sering kali dilaporkan oleh media cetak maupun media elektronik, dan mudah diakses melalui telepon genggam yang umum dimiliki oleh remaja dan generasi muda Indonesia.

Sebagai tanda penghargaan, KBRI Phnom Penh memberikan buku “60 tahun Persahabatan Indonesia-Kamboja” dan “Kamus Bahasa Indonesia-Khmer” kepada tim Miss Teen Indonesia.

Kompetisi Miss Teen Internasional berlangsung pada 16-24 Juni 2023 di Kamboja, dan diikuti oleh peserta berusia 14-19 tahun dari beberapa negara di Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

SUMBER: KBRI PHNOM PEHN | EDITOR: EDDY PRASETYO