Kilang Balongan Milik Pertamina (Persero) Terbakar

Suasana langit yang memerah akibat kilang minyak Balongan Pertamina Indramayu terbakar. (ANTARA/Ho/Suci)
Waktu Baca : < 1 minute

TANHANANEWS.COM, Jakarta – Senin (29/3/2021) dini hari tadi Kilang Balongan milik PT Pertamina (Perseo) yang berlokasi di Desa Balongan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terbakar.

Hingga saat ini Pertamina masih terus mengupayakan pemadaman dengan ditangani oleh tim keselamatan kerja atau (Health, Safety, Security, and Environment/HSSE).

“Telah terjadi insiden di Kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan kebakaran pada tangki T-301G mulai sekitar pukul 00.45 WIB dini hari,” kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya, dalam keterangannya di Jakarta, Senin, sebagaimana dilansir AntaraNews.Com

Kendati demikian, Ifki mengungkapkan hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu dan meminta warga sekitar untuk tetap tenang serta menjauh dari lokasi kebakaran.

Saat insiden terjadi, ada 4 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensive di RSUD Indramayu. Saat ini dilakukan juga pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian, dibantu oleh TNI.

Pertamina memastikan bahwa dengan adanya insiden ini pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan masih berjalan normal.

(Redaksi)