ASEX 01-Natuna Gelar Aktifitas Kemanusiaan Peduli Sesama

ASEX 01-Natuna Gelar Aktifitas Kemanusiaan Peduli Sesama - Foto : Tanhananews-EP/Puspen TNI
Waktu Baca : < 1 minute

JAKARTA, TANHANANEWS.COM — Untuk menumbuhkan solidaritas antar negara ASEAN yang tergabung dalam Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) ASEX 01- Natuna (Asean Solidarity Exercise) menggelar kegiatan Engineering Civic Action Program Encap (ENCAP) atau rehabilitasi/perbaikan rumah.

Melalui keterangan Puspen TNI di Jakarta, hingga Senin, 28 Agustus 2023, Asex 01-Natuna melakukan perbaikan sebanyak 5 buah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Sabang Mawang, Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Koordinator  rehabilitasi yang tergabung dalam ASEX 01-Natuna terdiri dari TNI dan masyarakat setempat masih melaksanakan pembongkaran 5 rumah tersebut. Untuk rehabilitasi  diantaranya,  rumah Tony, Zarifin, Surtina dan Prehaten dibongkar seratus persen karena sudah rusak berat.

Kini ke 4 rumah masih sedang aktifitas pemasangan tiang tongkat, pemasangan bantalan papan/lantai, pemasangan atap dan resplang, pembuatan kamar mandi dan pemasangan rangka plafon  dan pemasangan kuda-kuda atap. 

Sedangkan untuk rumah Aprianto,  akan dimulai direhabilitasi pada 1 September 2023. Ke 5 rumah RTLH direncanakan akan rampung dan penyerahan kunci pada 23 September 2023  bertepatan  saat acara penutupan Latgabma ASEX 01-Natuna yang akan dilaksanakan di Sabang Mawang, Pulau Tiga, Natuna. 

Rehabilitasi sejumlah rumah penduduk  tersebut merupakan bentuk kepedulian kemanusian dalam  rangkian kegiatan Asex 01 – Natuna yang melibatkan unsur-unsur Militer dan Sipil dari negara Asean yang baru  pertama kali diadakan  dengan  TNI  sebagai   koordinator utama. 

Menurut rencanya selain rehabilitasi RTLH oleh Asex 01- Natuna juga akan melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya seperti  pengobatan massal, sunnatan masal, pembagian sembako  dan kegiatan lainnya. Kegiatan Asex 01- Natuna rencananya akan dibuka oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Batam pada 19 September 2023 dihadiri oleh seluruh  Panglima Militer anggota Asean. 

REDAKSI | EDITOR: EDDY PRASETYO